( )

Target Kemenhub Terhadap Armada Bus Listrik di Seluruh Indonesia

13 Maret 2021 20:29 WIB

Adalah Kementerian Perhubungan (Kemenhub), sedang menyiapkan roadmap transportasi darat menggunakan armada bus listrik berbasis baterai.

Nantinya, diharapkan semua bus yang digunakan untuk angkutan umum tak lagi menggunakan mesin konvensional, tapi sudah full listrik.

Direktur Prasarana Transportasi Jalan Kemenhub, Risal Wasal, mengatakan, implementasi E-Mobility untuk Program Transportasi Massal di Indonesia akan menggandeng World Bank.

"Kita siapkan roadmap-nya, sekarang di 2021 kita mulai dari tiga kota percontohan yang ada di Bandung, Surabaya, dan Medan. Jadi ini juga jadi pilot project dalam layanan Buy The Service (BTS)," ucap Risal dalam weinar dengan Universitas Mercu Buana, Sabtu (13/3/2021).

Dalam pemaparannya, Risal menjelaskan program bus listrik dilakukan untuk mendukung Perpres 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk transportasi jalan.

Selain itu juga untuk mengatasi tingkat kemacetan di kota-kota besar di Indonesia yang cukup tinggi, sehingga berdampak pada kerugian ekonomi, pemborosan bahan bakar minyak (BBM), dan pencemaran lingkungan.

Untuk program BTS menggunakan bus listrik di 2021, saat ini Kemenhub sudah memulai pilot project di Bandung dalam satu koridor, dan dua koridor di Surabaya. Diharapkan ke depannya akan terjadi peningkatan dan menyeluruh ke kota-kota di Indonesia.

"Jadi 2021 ini kami mulai pilot project BTS listrik, lalu di 2030 ada peningkatan di seluruh Indonesia dengan 40 persen berbasis listrik. Pada 2040-2045, angkutan umum perkotaan sudah 100 persen berbasis listrik dan merata di kota besar di Indonesia," ucap Risal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Target Kemenhub soal Armada Bus Listrik di Seluruh Indonesia", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/13/161100115/target-kemenhub-soal-armada-bus-listrik-di-seluruh-indonesia.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm