Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock )

Pahami, Penyebab Kecemasan Menganggu Kondisi Fisik dan Mental

18 Maret 2021 10:57 WIB


SonoraBangka.Id - Kecemasan merupakan emosi yang ditandai perasaan tegang, pikiran khawatir, dan perubahan fisik seperti peningkatan tekanan darah.

Sebenarnya, kecemasan merupakan hal yang normal. Namun, hal ini bisa menjadi gangguan keseatan yang serius yang bisa mengganggu kesehatan fisik dan mental.

Kapan kecemasan membutuhkan perhatian serius?

Meskipun kecemasan dapat menyebabkan stres, namun tidak selalu merupakan kondisi medis. Ketika seseorang menghadapi pemicu yang berpotensi membahayakan atau mengkhawatirkan, perasaan cemas tidak hanya normal tetapi juga diperlukan untuk bertahan hidup.

Bahaya atau ancaman bisa menyebabkan adrenalin, hormon dan pembawa pesan meningkat. Akibatnya, tubuh mengalami reaksi cemas yang disebut respon "fight atau flight".

Respon ini penting untuk mempersiapkan fisik menghadapi atau berlari dari bahaya. Namun, tingkat perasaan cemas yang berlebihan bisa memicu stres.

Hal ini seringkali ditandai dengan gejala fisik seperti mual, peningkatan tekanan daran, dan berbagai gangguan fisik lainnya. Ketika kecemasan telah mengakibatkan gangguan, fungsi sehari-hari kita juga bisa terganggu.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm