Pengendara Wanita (Stanly/Otomania)
Pengendara Wanita (Stanly/Otomania) ( kompas.com)

Dear Ladies, Jangan Abaikan Pengetahuan Penting Ini Saat Menyetir Sendiri Kendaraannya

18 Maret 2021 15:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Seakan sudah menjadi sifat dasar para wanita cenderung abai terhadap urusan teknis kendaraan. Banyak dari mereka yang hanya tahu menyetir saja, urusan perawatan biasanya akan diserahkan ke pasangan atau bengkel terdekat.

Banyak juga dari mereka yang tidak memahami dan menyepelekan cara merawat mobil. Padahal kalau tidak mengerti, bukan saja menyulitkan, tetapi juga berisiko celaka hingga merusak komponen mobil.

Walau demikian, banyak hal ringan yang harus dipelajari sebelum para wanita memutuskan untuk menyetir sendiri kendaraannya. Lalu, apa saja hal tersebut?

1. Buka tutup tangki Bahan Bakar Minyak (BBM)

Mungkin terdengar sepele, tapi nyatanya tidak sedikit kaum hawa yang tidak tahu letak tuas untuk membuka tutup tangki bahan bakar.

Oleh sebab itu, sebaiknya pahami dulu di mana letak tuas BBM, baik melalui buku manual ataupun tanya kepada pasangan dan keluarga. Jangan sampai hal memalukan terjadi kepada kalian saat antre mengisi BBM di pom bensin.

2. Cara periksa tekanan ban

Mengingat fungsi komponen ini yang begitu krusial, sebaiknya para wanita selalu mengecek tekanan pada ban. Sebab jika tekanan ban kurang atau lebih bisa berbahaya bagi si pengendara.

“Untuk menghindari hal-hal yang tidak diingkan seperti pecah ban di jalan. Pengemudi newbie atau wanita sebaiknya menggunakan alat Tire Presssure Monitoring System (TPMS) pada ban mobilnya, agar bisa dengan mudah terus memantau tekanan angin pada ban,” ujar On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal, kepada Kompas.com (16/3/2021).

3. Fungsi lampu hazard

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm