Ilustrasi pria melirik wanita
Ilustrasi pria melirik wanita ( AntonioGuillem)

Benarkah Orang yang Narsis Senang Bikin Cemburu Pasangannya ?

22 Maret 2021 11:50 WIB

SonoraBangka.id - Apakah pasangan Anda, walau mengaku cinta tapi sering membuat cemburu, menggoda orang lain di depan Anda, atau senang membalas komentar di media sosial dari orang yang memujinya?

Coba cek terlebih dahulu, jangan-jangan si dia orang yang narsistik.

Sebab, menurut penelitian yang dilakukan Gregory Tortoriello, psikolog, orang dengan tingkat narsistik yang tinggi secara sengaja akan membuat pasangannya cemburu untuk mencapai tujuan tertentu, yakni kontrol dan meningkatkan rasa percaya dirinya.

Istilah "narsis" yang populer di masyarakat memang sering disalah artikan menjadi orang yang senang menonjolkan dirinya.

Para ahli psikologi menyebutkan bahwa kepribadian narsistik memiliki dua kategori.

Pertama adalah grandiose narcissim, ditandai dengan tingkat kepercayaan diri yang tinggi, cenderung ektrovert, dan ingin meraih segala sesuatu dengan cepat.

Kategori yang kedua adalah (narsisme rentan) vulnerable narcissism, yakni orang yang merasa berhak mendapatkan apa yang diinginkannya tanpa peduli orang lain dan tega memanfaatkan orang lain untuk mendapat yang dimaui.

Mereka cenderung kurang percaya diri dan insecure. Tortoriello mengatakan, studi sebelumnya mengungkapkan orang yang narsistik sering gagal dalam hubungannya karena perilakunya yang senang menggoda orang lain yang lebih menarik.

"Perilaku itu impulsif dan orang yang narsis tidak bisa mengendalikannya," katanya.

Dalam penelitiannya, disimpulkan bahwa perilaku senang membuat pasangannya cemburu adalah alasan mengapa orang yang narsis sering "bermain api".

Makin tinggi tingkat narsismenya, makin senang mereka jika pasangannya cemburu.

Pada orang dengan tipe grandiose narcissist, motivasinya adalah mendapatkan kuasa dan kendali dalam hubungannya.

Sementara pada tipe kedua, mereka ingin menguji kekuatan hubungannya dan mencari rasa aman, sebagai kompensasi dari rendahnya kepercayaan diri.

Diungkapkan Tortoriello bahwa, biasanya mereka membakar cemburu secara sengaja.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Orang yang Narsis Senang Bikin Cemburu Pasangannya", Klik untuk baca: https://lifestyle.kompas.com/read/2017/04/20/180000920/orang.yang.narsis.senang.bikin.cemburu.pasangannya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm