Gubernur Babel Erzaldi Rosman
Gubernur Babel Erzaldi Rosman ( Ist)

Pemprov Babel Rencanakan Bangun 2 Museum

26 Maret 2021 09:26 WIB

SonoraBangka.id – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman berencana mengembangkan dua museum dengan berbeda tema di Babel.
Hal ini disampaikannya saat berkunjung ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, di Gedung Layanan Perpustakaan Nasional RI beberapa waktu lalu.

"Ada beberapa hal yang akan kami kembangkan, yakni dua museum yang berbeda tema. Pertama museum dengan tema sejarah peradaban melayu dan akan kita kolaborasikan dengan sejarah nasional Kota Muntok. Karena sejarah Babel kebanyakan berasal dari Melayu Muntok, termasuk gedung heritage dan sejarah Presiden pertama Soekarno. Kedua, mengenai sejarah, Belitung memiliki banyak geosite atau geopark yang telah dikembangkan dan sudah digarap hingga ke UNESCO. Untuk itu, sejarah ini butuh data, termasuk peradaban Babel, dan ini ada di Perpusnas," tuturnya.

Karena itu, kedatangan Gubernur Erzaldi ke Perpusnas bertujuan untuk menjalin kerjasama, bersinergi, dan berkolaborasi untuk menggali mengenai arsip maupun sejarah mengenai perkembangan Babel.

"Kami ingin kerja sama untuk menggali hal ini. Di samping pengumpulan data fisik, nanti kita bangun museum dan perpustakaan. Strategi kami, kerjasama dengan Universitas Tarumanegara terkait desain serta memanfaatkan teknologi digital," ungkapnya.

Untuk memberdayakan perpustakaan ini, Gubernur Erzaldi juga ingin menjalin kerja sama dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan mengelola perpustakaan ini nanti. Harapannya, ketika museum selesai, bisa diresmikan oleh Kepala Perpusnas Syarif Bando.

Selain itu, Gubernur Erzaldi berharap, diskusi ini bisa membawa hasil bagi kemajuan peradaban Pemprov. Babel. Karena menurutnya, literasi dan perpustakaan adalah suatu kebutuhan. Sehingga, perlu mencegah digitalisasi yang berlebihan dan mengurangi minat untuk terus membaca.

"Melalui keberadaan sejarah dan latar belakang Babel di museum ini diharapkan bisa menjadi wadah yang memberikan edukasi tentang visi misi masyarakat kita dan pemangku kebijakan," ujarnya.

PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm