Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD kota Pangkalpinang, Rio Setiady
Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD kota Pangkalpinang, Rio Setiady ( Istimewa)

Sambut Baik Edaran Terbaru Satgas Covid-19, Rio Setiady Dorong Pemkot Pangkalpinang Ajukan GeNose

31 Maret 2021 13:42 WIB

SONORABANGKA.ID - Surat edaran (SE) terbaru dari Satgas Penanganan Covid-19 tentang Perjalanan Dalam Negeri akan diberlakukan mulai 1 April 2021 besok.

Pada SE tersebut disebutkan hasil tes GeNose akan diperluas untuk seluruh moda transportasi sebagai alternatif skrining kesehatan para pelaku perjalanan di dalam negeri.

Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) menyambut baik peraturan baru tersebut. Molen mengaku dirinya juga akan memilih menggunakan GeNose saja ketika ingin melakukan perjalanan transportasi.

Hal ini juga diakui, Wakil ketua komisi II DPRD kota Pangkalpinang, Fraksi PKS, Rio Setiadi, Rio menyebut pihaknya mendorong pemerintah kota (pemkot) untuk segera mengajukan GeNose.

Diakui Rio, pihaknya juga setuju dan menyambut  baik atas kebijakan surat edaran yang memperbolehkan pelaku perjalanan transportasi udara menggunakan GeNose sebagai alat pemeriksaan sebelum bepergian.

"Kami pun sangat menyambut baik atas kebijakan baru ini, karena memang sudah lama dijalankan dibeberapa stasiun kereta api, apalagi GeNose merupakan karya anak bangsa. Terkait dengan ketersediaan alat kami mendorong pemerintah kota untuk dapat melakukan perubahan anggaran, dan DPRD tentu akan mendukung apalagi hal tersebut membantu masyarakat kota Pangkalpinang dan memudahkan dalam melakukan perjalanan," ungkap Rio kepada Bangkapos.com, Selasa(30/3/2021).

Menurutnya, yang paling penting harga GeNose sendiri sangat terjangkau bagi seluruh kalangan masyarakat.

"Ini merupakan hal yang baik untuk menghilangkan stikma bahwa repid tes adalah untuk kepentingan bisnis semata, lantaran biayanya yang tergolong tinggi," sebutnya.

"Karena kita ketahui rapid tes yang sekarang dilakukan yaitu Rapid tes antigen Biayanya tergolong cukup mahal hampir separuh harga tiket pesawat," tambahnya.

Rio menyebutkan, pemerintah kota bisa memfasilitasi terkait dengan uji GeNose ini agar bisa dimanfaatkan masyarakat luas.

"Tetap seperti rapid tes kemarin artinya Genose  dijual kepada publik dengan harga yang wajar. Saya rasa ini cukup membantu masyarakat dengan harnya GeNose yang merakyat," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Rio Setiady Dorong Pemkot Pangkalpinang untuk Ajukan GeNose

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm