( Ist)

Safari Jumat, Gubernur Babel Sampaikan Hikmah dan Berkah Ramadan

16 April 2021 19:45 WIB

SonoraBangka.id – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman melaksanakan Safari Jumat di masjid Al-Mukarromah Air Kepala Tujuh Gandaria Kecamatan Gerunggang, Kota Pangkalpinang, Jumat (16/04/21).

Gubernur Erzaldi mengajak para jemaah agar lebih meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt, dengan berusaha melaksanakan ibadah di bulan Ramadan dengan sebaik-baiknya.

"Umat Islam sangat beruntung dapat bertemu dengan bulan Ramadan, karena bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat istimewa di antara bulan yang lainnya,"ujarnya.

Bulan suci Ramadan bulan yang di berkahi oleh Allah Swt karena, di bulan ini banyak terjadi peristiwa penting seperti, Nuzulul Qur'an (turunnya kitab suci Alquran). Selain itu, bulan Ramadan adalah bulan yang berkah sebagaimana telah di sebutkan dalam hadis nabi Muhammad SAW.

"Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa, dibukakan pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka serta setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak mendapatkan kebaikannya berarti ia telah benar-benar terhalang/terjauhkan (dari kebaikan)” (HR. Ahmad).

Oleh karena itu jelas Gubernur, nabi Muhammad SAW menganjurkan kepada umatnya agar dapat menyambut bulan suci yang penuh berkah ini.

“Kita dianjurkan untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya sejak dari bulan Rajab, bulan Syakban,dan bulan Ramadan dan hal ini sudah di tegaskan dalam hadis nabi yang di riwayatkan oleh Imam Ahmad yang artinya “Wahai Allah, berikan kami bulan Rajab, dan bulan Syakban dan berkahilah pula di bulan Ramadan,” tegasnya.

Lebih jauh di jelaskannya, di antara hikmah bulan Ramadan ada pengampunan doa bagi orang yang berdoa, dan bulan ini ada penerimaan tobat seseorang, serta ada ampunan dari Allah Swt bagi yang memohon ampunan. Untuk itu di bulan Ramadan ini umat Islam diwajibkan baginya untuk berpuasa, yang bertujuan menjadikan seseorang lebih bertaqwa.

“Hikmah berpuasa bulan Ramadan adalah mensyukuri nikmat tuhan yang diberikan kepada kita selama ini. Karena makna ibadah secara mutlak, termasuk ibadah puasa adalah ungkapan syukur dari seseorang hamba kepada tuhannya atas nikmat-nikmat yang telah di berikan kepada kita,” ungkapnya.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm