BTS saat Grammy Awards 2021. Direktur agensi membeberkan faktor utama mengapa BTS bisa sangat sukses dan sepopuler seperti saat ini.
BTS saat Grammy Awards 2021. Direktur agensi membeberkan faktor utama mengapa BTS bisa sangat sukses dan sepopuler seperti saat ini. ( Tribunnews.com/Pravitri Retno Widyastuti)

Direktur Agensi Ungkap Faktor Utamanya Mengapa BTS Bisa Sangat Sukses

18 April 2021 10:11 WIB

SonoraBangka.ID - Boygroup asuhan HYBEBTS, saat ini menjadi idol K-Pop paling populer.

Nama BTS sudah tak asing lagi di telinga penggemar K-Pop, bahkan non-penggemar. Dari penampilan hingga kepribadian BTS, ada begitu banyak hal yang disukai dari mereka.

Namun, melihat kesuksesan RM dan kawan-kawan saat ini, hanya ada satu faktor kunci yang memengaruhinya, apa itu?

Dikutip Tribunnews dari Koreaboo, direktur agensi K-Pop, Yoon Seon Mi dan Yoon Ho Joon, berbagi pendapat mereka tentang alasan utama mengapa BTS bisa sesukses sekarang.

Saat ini, Yoon Seon Mi dan Yoon Ho Joon adalah direktur bisnis di FirstOne Entertainment, agensi yang didirikan pada 2019.

Agensi ini menaungi penyanyi solo Kisum dan grup 1st.One yang berbasis di Filipina.

Keduanya pernah bekerja di JYP Entertainment selama beberapa tahun sebelum memutuskan untuk keluar.

Yoon Seon Mi dan Yoon Ho Joon pernah bertugas untuk mengurus sejumlah idol terkenal JYP Entertainment, seperti Wonder Girls, 2PM, dan Miss A.

Dalam video Comment Defenders terbaru dengan AYO di YouTube, keduanya berbagi pendapat tentang faktor yang memengaruhi kesuksesan BTS.

BTS telah lama dikenal karena kisah underdog-nya.

Sebagai informasi, underdog adalah sebutan bagi orang atau regu (biasanya dalam bidang olahraga atau karya kreatif) yang disangka akan mengalami kekalahan.

Kembali pada 2013 silam, saat BTS debut, grup yang berasal dari tiga agensi besar (JYP Entertainment, SM Entertainment, dan YG Entertainment) menjadi yang paling sukses.

Karena itu, cara BTS bangkit dari agensi kecil seperti Big Hit Entertainment (saat ini dikenal sebagai HYBE) selalu menjadi keajaiban.

Lantas, bagaimana RM dan kawan-kawan melakukannya?

"Saat BTS pertama kali debut, mereka tidak sering tampil di TV," kata Yoon Ho Joon mengawali.

Di era BTS debut, banyak grup mempromosikan album mereka lewat acara musik, seperti M Countdown dan Music Bank.

Namun, Yoon Ho Joon mengatakan stasiun TV saat itu tak ingin grup tidak dikenal seperti BTS tampil di acara mereka.

Faktanya, seperti yang diketahui banyak ARMY veteran, satu-satunya cara BTS bisa tampil di panggung pertunjukan musik pertamanya adalah karena grup lain keluar di menit-menit terakhir.

Kisah ini bahkan ditulis BTS dalam hidden track mereka di album Love Yourself: Her, berjudul SEA.

Karena itu, Yoon Ho Joon mengatakan BTS harus memilih bentuk media baru untuk mempromosikan diri mereka sendiri.

Terkait maksud Yoon Ho Joon tersebut, Yoon Seo Min pun memberikan penjelasan.

Ia menjelaskan, di era rookie BTS, berkomunikasi melalui media sosial bukanlah hal umum.

Saat ini sebagian besar idol group memiliki akun Twitter atau Instagram sendiri, dimana mereka bisa berbicara dengan penggemar.

Namun, hal tersebut adalah perkembangan yang cukup baru. Meski begitu, itu tidak menghentikan BTS. Akun Twitter pertama BTS dibuat pada Desember 2012, sebelum mereka debut.

Sejak saat itu, para member terus berkomunikasi dengan penggemar melalui media sosial, tidak hanya dalam bahasa Korea, tapi juga bahasa Inggris.

Menurut pendapat Yoon Ho Joon dan Yoon Seon Mi, komunikasi yang penuh semangat dan berdedikasi dengan penggemar inilah yang memberikan kontribusi terbesar bagi kesuksesan BTS.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Mengapa BTS Bisa Sangat Sukses? Direktur Agensi Ungkap Faktor Utamanya, https://www.tribunnews.com/seleb/2021/04/17/mengapa-bts-bisa-sangat-sukses-direktur-agensi-ungkap-faktor-utamanya?page=4.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm