Kaktus mini jadi tanaman yang cocok untuk di kamar kos    Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Hobi Bertanam Sukulen dan Kaktus, Ini Panduan Memilih Bahan Pot, https://bangka.tribunnews.com/2021/03/23/hobi-bertanam-sukulen-dan-kaktus-ini-panduan-memilih-bahan-pot.  Editor: Ajie Gusti Prabowo
Kaktus mini jadi tanaman yang cocok untuk di kamar kos Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Hobi Bertanam Sukulen dan Kaktus, Ini Panduan Memilih Bahan Pot, https://bangka.tribunnews.com/2021/03/23/hobi-bertanam-sukulen-dan-kaktus-ini-panduan-memilih-bahan-pot. Editor: Ajie Gusti Prabowo ( onion studios )

Jangan Sembarangan , Inilah 4 Tips Memilih Pot untuk Tanaman Kaktus !

24 April 2021 14:57 WIB

SonoraBangka.id -  Kaktus menjadi salah satu tanaman yang belakangan banyak dilirik masyarakat sebagai penghias rumah.

Tanaman kaktus bisa ditanam secara langsung di tanah atau pun di dalam pot.

Namun, menanam tanaman kaktus di dalam pot lebih umum dilakukan karena perawatannya akan cederung lebih mudah.

Meski begitu, kita tidak bisa sembarangan memilih pot untuk tanaman kaktus.

Menurut buku Budi Daya Kaktus Hias yang ditulis oleh Tim Agro Mitra Sejati (2017), ini dilakukan agar keseimbangan ukuran pot dengan tanaman yang mengisinya terlihat serasi.

Sebab, ukuran pot yang tidak berimbang dengan tanaman akan mengakibatkan jumlah media tanam tidak sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Apa risikonya?

Tanaman muda yang diletakkan di dalam pot berukuran besar akan mendapatkan media tanam yang berlebih, sehingga media tanam bisa menjadi terlalu basah.

Keadaan ini dapat menghambat pertumbuhan, bahkan membuat tanaman kaktus busuk dan mati.

Berikut tips memilih pot untuk tanaman kaktus, antara lain:

1. Bentuk pot yang menarik

Ingatlah bahwa pot tidak sekadar berfungsi sebagai tempat menampung media tanam, tetapi juga untuk meningkatkan estetika tanaman di dalamnya.

Selain itu, pot juga dapat meningkatkan nilai jual tanaman hias. Bahkan, menggunakan pot yang indah dan serasi bisa membuat harga tanaman hias naik dua hingga tiga kali lipatnya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm