Ilustrasi anak kucing
Ilustrasi anak kucing ( PIXABAY/RENE SCHINDLER )

Penasaran, Mengapa Kucing Membenci Air ? Ternyata Ini Alasannya

24 April 2021 17:45 WIB

SonoraBangka.id - Salah satu anggapan umum tentang kucing adalah biasanya kucing takut air.

Kita mungkin sering kali melihat kucing menghindar dari percikan air atau berulah saat hendak dimandikan karena tidak ingin bulunya basah.

Hubungan kucing dengan air yang tidak baik ini kemudian membuat kita penasaran dan bertanya-tanya, mengapa kucing sangat membenci air?

Seorang dokter hewan dari Bideawee, Eve Elektra Cohen, DVM memiliki teori, bahwa kucing memiliki bulu yang tebal, sehingga ketika bulunya basah kucing merasa kedinginan dan tidak nyaman.

Selain itu, bulu kucing juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengering sendiri.

"Aspek ketidaknyamanan lainnya, kucing takut tidak dapat menyeimbangkan tubuhnya di dalam air dan merasa kehilangan kendali," tambahnya.

Takut pada yang tidak dikenal

Ilustrasi kucing jenis Himalaya

Kucing menghabiskan sekitar 30-50 persen dari harinya untuk menjilati dan merapikan bulu.

Jadi selain wadah airnya, kucing tidak tidak ingin terpapar air yang lebih besar.

Dokter hewan dari Tomlyn Veterinary Science, Jennifer Kasten, DVM mengatakan, reaksi awal kucing saat terkena air adalah ketakutan.

Kucing juga dapat mengangkat hidungnya saat mencium bau yang dideteksi oleh indra penciuman dari bahan kimia dalam air keran.

Kendati demikian, beberapa kucing dapat terpesona oleh keran yang mengalir atau bahkan minum dari air keran yang mengalir.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm