Kapal Selam TNI Angkatan Laut KRI Nanggala-402 berlayar di perairan Tuban, Jawa Timur, Indonesia, seperti terlihat pada foto udara yang diambil dari helikopter TNI AL Skuadron 400 Udara, pada foto Senin, 6 Oktober 2014 ini.
Kapal Selam TNI Angkatan Laut KRI Nanggala-402 berlayar di perairan Tuban, Jawa Timur, Indonesia, seperti terlihat pada foto udara yang diambil dari helikopter TNI AL Skuadron 400 Udara, pada foto Senin, 6 Oktober 2014 ini. ( ap)

Pemerintah Berikan Penghargaan Naik Pangkat Kepada 53 Awak KRI Nanggala-402 yang Gugur

26 April 2021 14:17 WIB

SONORABANGKA.ID - Presiden RI Joko Widodo menyampaikan, pemerintah memberikan penghargaan kenaikan pangkat kepada 53 awak KRI Nanggala-402 yang dinyatakan gugur dalam tugas.

Selain itu, penghargaan Bintang Jasa Jalasena juga akan diberikan atas dedikasi mereka dalam menjaga ketahanan negara.

"Negara akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi serta Bintang Jasa Jalasena atas dedikasi pengabdian serta pengorbanan para prajurit terbaik itu," ucap Jokowi dalam konferensi pers virtual melalui YouTube Sekretariat Presiden, Senin (26/4/2021).

"Pemerintah juga akan menjamin pendidikan putra-putri dari prajurit KRI Nanggala-402 hingga jenjang pendidikan S1," tambahnya.


Dalam kesempatan yang sama, Presiden pun menghaturkan duka cita mendalam atas gugurnya 53 prajurit TNI AL KRI Nanggala-402. Jokowi menegaskan, seluruh prajurit merupakan putra terbaik bangsa penjaga kedaulatan negara.

"Pengabdian saudara-saudara akan terpatri di sanubari seluruh masyarakat Indonesia," kata Kepala Negara. "Semoga arwah prajurit-prajurit Hiu Kencana tersebut mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan YME. Serta keluarga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan, kesabaran dan ketabahan," ujar Jokowi.


Sebelumnya, Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengungkapkan seluruh awak kapal selam KRI Nanggala-402 meninggal dunia.

"Dengan kesedihan yang mendalam, selaku Panglima TNI, saya nyatakan bahwa 53 personel onboard KRI Nanggala-402 telah gugur," ujar Hadi, dengan sedikit tercekat dalam konferensi pers, Minggu (25/4/2021).

Ia mengatakan, telah diperoleh citra yang telah dikonfirmasi sebagai bagian KRI Nanggala-402 meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal NK-11 Ia melanjutkan, berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur.


"Semoga kami dapat meneruskan perjuangan paripurna saudara-saudara sebagai prajurit tentara terbaik Indonesia," tambahnya.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Beri Penghargaan Naik Pangkat ke 53 Awak KRI Nanggala-402 yang Gugur", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2021/04/26/12471791/pemerintah-beri-penghargaan-naik-pangkat-ke-53-awak-kri-nanggala-402-yang.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm