Sejak 2011, semua anak di Armenia berusia 6 sampai 8 tahun wajib mengikuti pelajaran catur
Sejak 2011, semua anak di Armenia berusia 6 sampai 8 tahun wajib mengikuti pelajaran catur ( Istimewa/ Blogspot )

Punya Nilai Lebih, Yuk Pahami Manfaat Bermain Catur bagi Anak

27 April 2021 08:04 WIB

SonoraBangka.id - Tak bisa dipungkiri, permainan catur cenderung kurang membuat anak tertarik dibandingkan bersepeda atau bermain sepakbola.

Apalagi, catur bukan jenis olahraga yang "memaksa" tubuh kita untuk aktif bergerak.

Tetapi, catur memberikan kesempatan bagi anak untuk berpikir dan menentukan strategi kemenangan.

Saat anak bermain catur, seluruh otot di bagian otak akan bekerja, sehingga olahraga ini bisa meningkatkan kecerdasan otak anak.

Catur juga membuat anak tidak terlalu khawatir untuk mengambil risiko, menurut sebuah studi.

Karena seperti yang diketahui, mengambil risiko dan belajar menghadapi situasi tertentu dengan aman adalah bagian penting dari perkembangan anak.

Dengan demikian, anak dapat belajar dari kesalahan dan menghasilkan keputusan lebih baik.

Menurut PHYS dan ZME Science, bermain catur dapat membuat anak lebih percaya diri dalam mengambil risiko.

Studi yang dilakukan di Australia menunjukkan, anak yang diajari bermain catur menunjukkan bahwa ketakutan anak terhadap risiko berkurang satu tahun kemudian.

Di samping itu, anak yang bermain catur menjadi lebih baik dalam menghindari risiko yang kemungkinan besar memberikan hasil negatif.

Anak juga akan menghadapi risiko yang cenderung memiliki hasil yang positif. Setiap pilihan dalam hidup kita memang dipenuhi oleh risiko.

Namun, studi mengungkapkan, jika kita bermain catur, kita dapat menimbang risiko yang diperoleh dari pilihan yang kita ambil.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm