( Ist)

Pemprov Babel Apresiasi Komitmen BPJS Ketenagakerjaan

27 April 2021 13:19 WIB

SonoraBangka.id - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Babel) melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Naziarto, apresiasi komitmen BPJS Ketenagakerjaan yang diwujudkan dalam penyerahan beasiswa bagi 37 orang ahli waris peserta JKK dan JKM Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Bangka Belitung, baik yang yatim maupun yatim piatu.

"Kita atas nama pemprov sangat berterimakasih atas inisiatif BPJS dalam memberikan beasiswa. Saya terutama mengapresiasi langkah-langkah tata kelola BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan kesejahteraan bagi anak-anak yatim maupun yatim piatu yang orang tuanya peserta BPJS Ketenagakerjaan. Semoga ke depan BPJS Ketenagakerjaan tetap melakukan hal ini secara berkelanjutan," jelas sekda beberapa hari lalu.

Sekda Naziarto juga berharap bahwa, setiap perusahaan yang ada di Bangka Belitung dapat mengikutsertakan pegawainya dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga akan terjadi sebuah hubungan simbiosis mutualisme di mana orang tua peserta BPJS ketika terjadi kecelakaan atau pun meninggal dunia akan dapat menjamin kesejahteraan anak yang ditinggalkan.

Penyerahan Manfaat Beasiswa Pendidikan Anak Ahli Waris Peserta Program JKK dan JKM Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan ini sesuai dengan Permenaker 5 Tahun 2021 tentang Tata Cara Penyelengaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian dan Jaminan Hari Tua, yang dilakukan serentak di 33 Provinsi di Indonesia melalui aplikasi Zoom dan disiarkan live melalui Youtube.

Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziah dalam sambutan mengatakan bahwa, BPJS harus segera merealisasikan pemberian manfaat beasiswa kepada peserta JKK dan JKN di bulan Ramadan seperti arahan Dirut Utama BPJS.

"Pak Dirut sudah mengatakan akan merealisasikan pembagian beasiswa sebelum tanggal 1 Syawal dan ini tolong dicatat," ujarnya.

Dikatakannya, pemerintah sangat serius memperhatikan kesejahteraan para tenaga kerja termasuk juga keluarganya. Penyerahan dana beasiswa tahun 2021 ini akan diberikan kepada 10.451 anak dengan total dana sebesar Rp115 miliar.

Sedangkan di Babel, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pangkalpinang, Agus Theodorus Parulian Marpaung mengatakan, akan segera merealisasikan pemberian beasiswa kepada 37 anak ahli waris di Babel yang orang tuanya mengalami kecelakaan kerja ataupun meninggal dunia sebelum Idul Fitri.

Adapun kategori pemberian beasiswa adalah anak sekolah SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi (maksimum dua orang) dari orang tua yang terdaftar BPJS Ketenagakerjaan. Besaran nominal pertahun yang diberikan sebesar Rp1,5 juta untuk anak sekolah SD, Rp2 juta untuk SMP, Rp3 juta untuk SMA, dan Rp12 juta;untuk anak perguruan tinggi dengan jumlah total sebesar Rp174 juta.

"Pemberian beasiswa ini bersifat rutin bagi setiap peserta yang mengalami kecelakaan kerja atau pun meninggal dunia, otomatis anaknya akan mendapatkan perlindungan beasiswa. Jadi dapat dipastikan anaknya akan terus melanjutkan sekolah hingga jenjang perguruan tinggi, sehingga paling tidak hal ini dapat memutuskan tingkat kemiskinan," jelasnya.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm