Pelawak Denny Cagur terlihat mengisi bahan bakar mobil Rolls Royce Raffi Ahmad dengan bensin eceran. (Instagram/Denny Cagur)
Pelawak Denny Cagur terlihat mengisi bahan bakar mobil Rolls Royce Raffi Ahmad dengan bensin eceran. (Instagram/Denny Cagur) ( kompas.com)

Sering Isi BBM Eceran Bisa Berakibat Buruk pada Mesin Kendaraan?

1 Mei 2021 21:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Saat Dalam keadaan darurat, tidak jarang pemilik mobil yang membeli bensin eceran di pinggir jalan. Biasanya penjual menggunakan botol satu liter atau pompa manual.

Kalau dilihat secara kasat mata, warna bensin eceran memang tidak berbeda dengan yang dijual di SPBU. Tapi, apakah ada dampak dari penggunaan bensin ecaran tersebut?

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, mobil yang menggunakan bensin eceran sebetulnya tidak masalah selama oktannya sesuai dengan spesifikasi mesinnya.

“Mobil dengan bahan bakar bensin sekarang biasanya memakai tekanan kompresi yang tinggi. Jadi butuh bensin dengan angka oktan yang tinggi agar tenaga maksimal serta iri bahan bakar,” kata Suparna saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Menurut Suparna, selama menggunakan bensin eceran dan saat diecer tidak mengalami penurunan kualitas serta angka oktanya sesuai maka tidak masalah.

“Namun ketika beli bensin eceran, belum tentu kualitasnya tetap terjaga sejak awal dibeli oleh penjualnnya,” ucap Suparna.

Suparna menjelaskan, kalau bensin eceran mengalami penurunan kualitas karena terkontaminasi dengan bahan lain seperti minyak tertentu, air, dan lain-lain dengan sengaja atau tidak. Maka angka oktannya bisa turun.

Akibatnya, tenaga mesin menjadi kurang maksimal karena mesin menyetel timing pengapian lebih mundur untuk mencegah mesin ngelitik. Tetapi, jika tetap mengelitik, berarti kadar oktan dari bensin tersebut terlalu rendah.

“Dampaknya selain tenaga turun, juga menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sering Isi BBM Eceran Bisa Berdampak Buruk pada Mesin Kendaraan?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/01/162200215/sering-isi-bbm-eceran-bisa-berdampak-buruk-pada-mesin-kendaraan-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm