Daniel Mardhany 'DeadSquad'
Daniel Mardhany 'DeadSquad' ( HAI Online)

Diperiksa Polisi, Daniel 'DeadSquad' Kegep Nyimpen Ritalin, Obat Apa Sih Itu?

3 Mei 2021 14:09 WIB

BangkaSonoraID

Saat ditangkap, Daniel Mardhany 'DeadSquad' diketahui mengantongi sebutir ritalin.

Mereka juga mengamankan dua telepon genggam milik vokalis Kala tersebut saat proses penggeledahan.

Sebenarnya, apa sih ritalin?

Ritalin adalah nama umum untuk metilfenidat. Obat ini bekerja dengan cara memengaruhi sistem saraf pusat untuk meningkatkan kadar dopamin dalam otak.

Buat yang belum tau, dopamin adalah zat kimia yang dikaitkan dengan rasa senang, tenang, dan bahagia.

Penggunaan ritalin wajib dengan resep dokter.

Biasanya, obat ini diresepkan untuk terapi attention deficit disorder (ADD), attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), dan gangguan tidur narkolepsi.

Ritalin harus digunakan dengan sangat hati-hati.

Bahkan ketika Ritalin digunakan sebagai obat resep dokter, ada efek samping yang berbahaya seperti kegugupan, insomnia, anoreksia (gangguan pada cara makan), urat nadi berubah, masalah jantung, kehilangan berat badan.

Ritalin adalah obat adiktif. Bahkan oleh Drug Enforcement Administration (Badan Pencegahan Narkoba, AS) Ritalin digolongkan sebagai narkotika Daftar ke-II— golongan yang sama untuk kokain, morfin, dan amfetamin.

Dikutip dari US Food and Drug Administration, ritalin dapat menyebabkan halusinasi visual, pemikiran bunuh diri, perilaku psikotik dan juga perilaku yang agresif dan brutal.

(*)

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm