Kondisi penumpang kapal di Pelabuhan Tanjung Kalian, menuju Pelabuhan Tanjung Api-api, Senin (03/04/2021)
Kondisi penumpang kapal di Pelabuhan Tanjung Kalian, menuju Pelabuhan Tanjung Api-api, Senin (03/04/2021) ( Bangkapos.com/ Rizky Irianda Pahlevy)

Jelang Larangan Mudik, Penumpang di Pelabuhan Tanjung Kalian Mulai Melonjak

4 Mei 2021 13:10 WIB

SONORABANGKA.ID - Sejumlah penumpang pejalan kaki hingga menggunakan mobil pribadi mulai memadati Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok pada Senin (03/04/2021), menjelang larangan mudik lebaran 2021 yang akan dimulai tanggal 6 - 17 Mei 2021, 

"Mendekati larangan mudik kita ada mengalami kenaikan penumpang, dimana sebelum ada pelarangan sudah meninggalkan pulau Bangka. Untuk yang keluar sebenarnya didominasi oleh penumpang dan mobil pribadi, memang walaupun tidak signifikan tapi ada mengalami kenaikan," tutur General Manager PT. ASDP Muntok, Sugeng Purwono.

Lebih lanjut, Sugeng mengungkapkan untuk lonjakan penumpang kapal meningkatkan, jika dibandingkan periode mudik lebaran tahun lalu.

 

"Data kemarin roda dua terdapat 105 unit sedangkan tahun lalu hanya 77 kendaraan roda dua, jadi hampir 50% kenaikannya. Untuk roda empat terdapat 84 kendaraan, tapi mengalami penurunan sekitar 21% . Untuk truk ada 145 truk mengalami kenaikan, dibandingkan tahun lalu hanya 72 unit," ungkapnya.

Hingga saat ini diketahui sudah 1270 unit kendaraan diantaranya 295 unit roda dua, 351 unit roda empat, empat unit bus dan 620 unit truk angkutan logistik yang sudah melintas Pelabuhan Tanjung Kalian menuju Pelabuhan Tanjung Api-api.

"Kita lihat hanya dua hari lagi, karena kamis sudah larangan mudik. Saya kira tidak akan ada lonjakan penumpang, baik pejalan kaki dan mobil pribadi," tuturnya.

Pelabuhan Tanjung Kalian pun terus melakukan pengetatan, terhadap keluar masuknya penumpang Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok. Surat hasil negatif covid-19 pun menjadi syarat wajib, bagi calon penumpang kapal.

Sementara itu, satu diantara penumpang kapal asal Palembang, Nandi mengatakan memilih mudik lebih cepat dibandingkan tidak merayakan lebaran di kampung halaman.

"Pulang sekarang nanti udah gak boleh mudik, kerjaan udah izin sama bos tau mau mudik ya diizinin karena kemarin juga gak mudik," ungkap Nandi.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Larangan Mudik, Pelabuhan Tanjung Kalian Mulai Ada Lonjakan Penumpang

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm