Posisi duduk sangat nyaman, tapi setang yang sedikit rendah membuat bodi agak menunduk. (M Ghalib for KompasOtomotif)
Posisi duduk sangat nyaman, tapi setang yang sedikit rendah membuat bodi agak menunduk. (M Ghalib for KompasOtomotif) ( kompas.com)

Mau Bikin Setang Motor Agar Lebih Tinggi, Pahami Dulu Hal Berikut Ini

8 Mei 2021 20:04 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Posisi duduk tegak dalam berkendara sepeda motor jadi posisi paling nyaman ketika berkendara. Ini karena posisi duduk tersebut membuat punggung tidak mudah lelah.

walau begitu, sebagian pengendara merasa kesulitan untuk duduk tegak saat berkendara dengan setang motor yang masih standar. Oleh karena itu, beberapa pengendara memodifikasi sepeda motornya dengan cara meninggikan posisi setang.

Ada beberapa cara dalam meninggikan setang. Selain mengganti jenis setang dengan variasi yang lebih tinggi, ada pula yang memasang raiser atau peninggi.

tapi, apakah aman memodifikasi setang agar posisinya lebih tinggi?

Kepala Mekanik Bengkel Ahass Sumber Motor Sragen, Joko Suparman, mengatakan bahwa memasang raiser atau mengganti setang dengan variasi yang lebih tinggi demi alasan kenyamanan sebenarnya sah-sah saja, namun perlu mempertimbangkan beberapa hal.

"Sebenarnya dari pabrikan sudah memperhitungan tinggi stang motor dengan panjang kabel dan selang yang menyambung pada stang seperti kabel gas, kabel tuas kopling, dan selang rem. Pemasangan raiser yang sembarangan tanpa memperhitungan dan menyesuaikan panjang kabel-kabel tersebut yang berbahaya," kata Joko kepada Kompas.com belum lama ini.

Joko mengatakan bahwa ada risiko kerusakan pada kabel dan selang yang tersambung pada setang jika memodifikasi setang tanpa perhitungan. Ia juga menjelaskan ada risiko lain yang menghantui.

"Saat berkendara di jalan lurus mungkin tidak terasa, tapi saat berbelok terkadang kabel bisa mentok. Jika terlalu mentok, bisa memperpendek umur kabel dan selang itu. Risiko terburuk bisa menyebabkan kecelakaan," kata Joko menambahkan.

Ia menegaskan, perlu perhitungan yang matang ketika ingin mengganti setang motor atau memasang raiser.

Kalau memang diperlukan, ganti kabel-kabel dan selang tersebut dengan versi yang lebih panjang. Tapi tetap harus memperhatikan kualitas sparepart tersebut agar tidak terjadi kerusakan di kemudian hari.

Penting untuk selalu diingat bahwa aspek keamanan dan kenyamanan berkendara tetap jadi poin paling utama ketika akan memodifikasi atau melakukan variasi pada kendaraan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mau Bikin Setang Motor Lebih Tinggi, Pahami Dulu Hal Berikut Ini", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/08/154200115/mau-bikin-setang-motor-lebih-tinggi-pahami-dulu-hal-berikut-ini.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm