replacing the air filter, car repair   (ANDERSONHONDA.com)
replacing the air filter, car repair (ANDERSONHONDA.com) ( kompas.com)

Mengenal 3 Filter pada Mobil Yang Penting Diperhatikan Kondisinya

10 Mei 2021 19:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Komponen Filter berguna untuk menyaring sesuatu. Pada mobil, terdapat tiga filter yang penting untuk diperhatikan kondisinya.

Ketiga filter tersebut, antara lain filter AC, filter oli, dan filter udara. Masing-masing memiliki fungsi untuk menyaring kotoran.

1. Filter AC

Filter AC yang terletak pada kabin akan mudah kotor kalau udara yang mengalir dari evaporator juga sudah terkontaminasi berbagai kotoran.

"Jika filter AC sudah kotor, otomatis akan terjadi penyumbatan yang membuat semburan udara masuk ke dalam kabin akan terhalang," ujar Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Suparna menambahkan, dampak filter AC yang kotor akan membuat kabin terasa kurang sejuk, walaupun sudah meningkatkan suhu udara. Filter AC sebaiknya diganti tiap tiga bulan sampai enam bulan atau tiap 10.000 kilometer.

2. Filter Udara

Filter udara pada mobil berguna untuk menyaring udara yang akan masuk ke ruang bakar dari partikel atau kotoran, seperti debu, yang diisap melalui air intake.

"Keberadaan filter udara pada mobil juga bisa dianalogikan seperti tubuh manusia yang membutuhkan udara bersih untuk dihirup. Pada mobil, filter dibutuhkan agar menjaga udara yang masih ke ruang bakar tetap bersih," kata Suparna.

Menurut Suparna, interval pergantian filter udara biasanya disarankan ketika mobil sudah menyentuh jarak 30.000 km sampai 40.000 km.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm