Ilustrasi piringan cakram, kaliper, dan kampas rem mobil ()
Ilustrasi piringan cakram, kaliper, dan kampas rem mobil () ( kompas.com)

Risiko Ganti Sparepart pada Sistem Pengereman Menggunakan yang KW

13 Mei 2021 09:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sistem pengereman jadi salah satu bagian utama dalam sebuah mobil. Seluruh bagian pada sistem pengereman harus selalu dalam kondisi prima.

Oleh karena itu, selalu disarankan untuk mengecek kondisi seluruh komponen pada sistem pengereman. Kalau sudah aus atau kerjanya tidak maksimal, segera lakukan penggantian atau perbaikan.

Penggantian komponen pada sistem pengereman dianjurkan untuk memilih yang asli atau sesuai dengan pabrikan mobil tersebut.

Selain lebih optimal saat digunakan, tingkat keawetan atau usia pakainya pun lebih panjang dari yang imitasi atau KW. Saat ini memang banyak beredar komponen pengereman seperti kampas dan kaliper versi imitasi.

Lalu, apakah berbahaya kalau menggunakan komponen versi imitasi tersebut?

Didi Ahadi selaku Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor menegaskan bahaya penggunaan komponen pengereman versi KW.

"Ini karena versi imitasi material dasarnya berbeda dengan yang versi asli, bisa menyebabkan rem kurang pakem atau bahkan bisa merusak piringan disc-nya," kata Didi saat dihubungi Kompas.com, Selasa (11/5/2021).

Ini karena komponen asli buatan pabrikan mobil tersebut sudah didesain sesuai mobilnya. Jadi telah melewati pengujian dan pertimbangan secara detail. Berbeda dengan komponen imitasi atau KW.

Supaya lebih aman, memang disarankan untuk membeli sparepart tersebut langsung di jaringan bengkel resminya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Risiko Ganti Sparepart pada Sistem Pengereman Pakai yang KW", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/12/100200315/risiko-ganti-sparepart-pada-sistem-pengereman-pakai-yang-kw.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm