Ilustrasi ban mobil (Dok. Shutterstock)
Ilustrasi ban mobil (Dok. Shutterstock) ( kompas.com)

Ban Masih Bagus Walaupun Sudah 5 Tahun, Tapi Masih Amankah Dipakai?

13 Mei 2021 14:12 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemilik mobil umumnya akan mengganti ban ketika sudah mulai aus. Ada juga yang menggantinya berdasarkan waktu pemakaian.

Namun bagaimana kalau ban mobil masih dalam kondisi bagus, tapi sudah melewati usia 5 tahun. Masih amankah dipakai?

Zulpata Zainal, On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk, mengatakan, usia ban yang melewati 5 tahun masih bisa digunakan tetapi dengan sejumlah syarat.

“Kalau kedalaman kembang ban masih tinggi, enggak ada kerusakan apa-apa, aman banget untuk digunakan, pakai saja tidak masalah,” ujar Zulpata, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Selain itu, pemilik kendaraan juga wajib merawat ban tersebut. Salah satu caranya dengan menjaga tekanan udara seperti yang direkomendasi pabrikan.

“Perlakuan pada ban seperti cek tekanan udara, kerusakan pada ban apa saja, misal sobek karena tertusuk benda tajam. Kemudian kalau bocor, cepat ditambal dengan tambalan yang benar,” kata dia.

Zulpata juga mengatakan, ban masih aman digunakan kalau mengalami retak halus di area tapak, selama tidak ada sobekan.

“Retak halus pada tapak tidak berpotensi bocor halus, karena lapisan karet pada ban masih tebal. Jadi aman-aman saja dari kebocoran halus, selama enggak ada luka yang tembus sampai bocor,” ucap Zulpata.

Untuk diketahui, pemilik kendaraan wajib mengganti ban ketika keausan ban telah mencapai batas Tread Wear Indicator (TWI). Artinya penggantian ban sebetulnya tidak berdasarkan tahun, melainkan dari tingkat keasuan pada kembangan ban.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ban Masih Bagus Walaupun Sudah 5 Tahun, Tapi Amankah Dipakai?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/13/133100515/ban-masih-bagus-walaupun-sudah-5-tahun-tapi-amankah-dipakai-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm