Standar samping sepeda motor lebih sering digunakan dibandingkan dengan standar tengah. Salah satunya karena lebih mudah dalam pengoperasiannya. (Ari Purnomo)
Standar samping sepeda motor lebih sering digunakan dibandingkan dengan standar tengah. Salah satunya karena lebih mudah dalam pengoperasiannya. (Ari Purnomo) ( kompas.com)

Tinggalkan Motor Hingga Berhari-hari, Jangan Pakai Standar Samping

14 Mei 2021 19:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Komponen Standar pada sepeda motor merupakan kelengkapan yang umum terpasang. Standar berfungsi untuk menjaga sepeda motor tetap berdiri stabil saat dalam kondisi terparkir.

Umumnya sepeda motor dilengkapi dengan dua jenis standar, samping dan tengah (ganda). Mayoritas pengendara memilih menggunakan standar samping ketika memarkir motornya karena lebih praktis.

Kebanyakan wanita pun juga terbiasa memakai standar samping saat parkir. Ini karena menggunakan standar tengah dianggap membutuhkan banyak tenaga.

Tapi, memarkir sepeda motor dengan standar samping dalam jangka waktu lama hingga berhari-hari berisiko memberi dampak pada rangka motor.

Joko Suparman selaku Kepala Mekanik Bengkel Ahass Sumber Motor Sragen menjelaskan, parkir dengan standar samping berhari-hari bisa membuat rangka motor tidak simetris.

"Standar samping kan cuma bertumpu pada satu titik di samping. Jika parkir sampai beberapa hari dengan standar samping, rangka motor bisa tidak simetris. Meskipun sebenarnya penyebab rangka miring itu ada banyak, bukan cuma itu saja," jelasnya saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Posisi sepeda motor yang miring ketika bertumpu pada standar samping bisa menyebabkan rangka motor tidak simetris karena beban motor tidak terpusat pada titik tengah.

Joko juga menambahkan, sepeda motor yang dimodifikasi dengan menambah ketinggiannya menggunakan raiser pada shockbreaker makin berisiko membuat rangka tidak simetris ketika parkir pakai standar samping.

Dengan dimensi sepeda motor yang makin tinggi, tentu saat saat diparkir dengan standar samping akan membuat posisinya lebih miring dari biasanya.

Walau membutuhkan tenaga lebih, penggunaan standar tengah lebih dianjurkan. Apalagi kalau sepeda motor berhari-hari mangkrak di garasi tidak pernah dipakai.

Untuk sepeda motor sport yang tidak dilengkapi standar tengah, disarankan memakai paddock stand. Dengan paddock stand, tentu saja posisi sepeda motor bisa terparkir dengan seimbang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tinggalkan Motor Berhari-hari, Jangan Pakai Standar Samping", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/14/090200515/tinggalkan-motor-berhari-hari-jangan-pakai-standar-samping.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm