Tangki bensin motor (Stanly/Otomania)
Tangki bensin motor (Stanly/Otomania) ( kompas.com)

Jangan Biasakan Volume Tangki Bensin Motor Kurang dari Setengah

14 Mei 2021 19:19 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Tak banyak orang yang tahu bagaimana cara merawat tangki bahan bakar pada sepeda motor. Padahal, kalau komponen ini tidak dirawat, akan sangat merepotkan kalau terjadi kerusakan.

Tangki bahan bakar bertugas untuk menampung bahan bakar dan mengalirkannya ke sistem pembakaran. Kalau sampai ada kebocoran, dampaknya bisa terjadi kebakaran pada motor.

Merawat tangki bahan bakar agar tidak bocor sebenarnya tidak sulit. Pemilik motor hanya disarankan untuk menjaga volume bahan bakar minimal setengah terisi.

Sub Departement Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) Ade Rohman, mengatakan, secara prosedural tidak ada anjuran khusus untuk menjaga isi tangki bahan bakar tidak sampai kurang dari setengah. Tapi, setelah ditelaah ada beberapa hal yang bisa dicermati.

"Tangki bahan bakar yang diisi penuh dengan bensin akan membantu sistem pendinginan. Sehingga fuel pump atau pompa bensin menjadi lebih awet," ujar Ade, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Ade menambahkan, tangki bensin yang memiliki banyak ruang akan membuat udara di dalamnya lebih mudah mengalami kondensasi atau pengembunan. Sehingga, pembakaran motor tidak akan sempurna karena bercampur dengan air hasil kondensasi tersebut.

"Kekosongan ruang di dalam tangki akan mengakibatkan adanya tempat berkumpulnya udara. Apabila terkena dingin, udara akan berubah jadi uap," kata Ade.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan terjadinya korosi di dalam tangki bahan bakar. Sehingga, tangki menjadi mudah keropos dan mengalami kebocoran.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Biasakan Isi Tangki Bensin Motor Kurang dari Setengah", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/14/100200915/jangan-biasakan-isi-tangki-bensin-motor-kurang-dari-setengah.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm