Sistem transmisi matik milik Chevrolet Trax. (Kompas.com/Alsadad Rudi)
Sistem transmisi matik milik Chevrolet Trax. (Kompas.com/Alsadad Rudi) ( kompas.com)

Apa Benar Panaskan Mesin Mobil Matik Posisi Tuas di P Bisa Merusak Transmisi?

14 Mei 2021 21:08 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sebagian orang beranggapan bahwa memanaskan mesin mobil matik dengan posisi tuas di P itu salah. Banyak yang bilang bahwa posisi tuas transmisi harus ada di posisi N.

Masalahnya, kalau posisi tuas di P, pompa oli tidak bekerja dan tidak melumasi komponen yang ada di sistem transmisi. Akibatnya, komponen pada transmisi matik akan aus dan umurnya menjadi lebih pendek.

Menanggapi hal itu, Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, anggapan tersebut tidaklah benar, bahkan mengarah pada kekeliruan.

“Tidak benar. Antara posisi P dan N, oli transmisi akan tetap bekerja,” ujar Bambang kepada Kompas.com, Senin (11/5/2021).

Bambang menjelaskan, saat posisi tuas berada di P, lock output shaft akan terkunci secara manual. Saat tuas pindah ke posisi N, kunci akan terlepas dari shaft.

Pada mobil bertransmisi matik, pompa oli transmisi akan langsung bekerja selaras dengan putaran mesin. Begitu mesin menyala, pompa olipun akan ikut bekerja dan tekanan oli langsung bergerak melumasi kampas dan komponen lainnya.

“Jadi tidak ada pengaruhnya mau di P atau N. Lagi pula, sekarang memanaskan mobil tidak perlu lama-lama, teknologi material, dan oli sudah lebih canggih. Jadi begitu mesin menyala, mau langsung dipakai juga tidak masalah,” kata dia.

Tapi menurut Bambang, kalau dilihat dari sisi keselamatan, posisi tuas yang tepat saat memanaskan mesin adalah di posisi P.

Hal ini untuk mencegah mobil bergerak. Selain itu, jangan lupa untuk mengaktifkan rem tangan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Benarkah Panaskan Mesin Mobil Matik Posisi Tuas di P Bisa Merusak Transmisi?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/14/151500515/benarkah-panaskan-mesin-mobil-matik-posisi-tuas-di-p-bisa-merusak-transmisi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm