Lampu indikator di motor injeksi (kompasiana)
Lampu indikator di motor injeksi (kompasiana) ( kompas.com)

Kesalahan Klasik Pemilik Motor Injeksi Saat Menyalakan Mesin

14 Mei 2021 21:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Kendaraan Sepeda motor zaman sekarang pada umumnya sudah menggunakan teknologi injeksi. Sistem kelistrikannya lebih rumit dibandingkan motor yang masih mengandalkan karburator.

Dengan sistem kelistrikan yang lebih rumit itu, menghidupkan motor injeksi juga tidak sama dengan motor karburator. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Tidak sedikit pemilik motor injeksi yang saat ini masih langsung menyalakan mesin setelah kontak dihidupkan. Padahal, idealnya menunggu sampai melihat lampu indikator (injeksi) atau engine check yang biasanya berwarna oranye pada speedometer mati.

Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta Rendra Kusuma mengatakan, menghidupkan motor injeksi dengan cara seperti itu memang tidak memunculkan masalah serius.

Tapi, sebagai bentuk perawatan agar motor lebih awet, sebaiknya dilakukan dengan benar. Sebaiknya tunggu sampai jarum speedometer-nya turun.

"Seketika kontak dalam posisi on, pompa bahan bakar belum bekerja seperti standar optimal mesin. Sehingga, di awal mesin motor tidak langsung bekerja di suhu optimum. Sistem pada motor membutuhkan waktu untuk penyesuaian," kata Rendra kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Kalau mesin langsung dinyalakan setelah kontak diposisikan dalam keadaan "on", penggunaan bahan bakarnya bisa tidak sesuai dengan yang dibutuhkan oleh mesin.

"Selain itu, tenaga mesin tidak langsung bekerja maksimal dan emisi gas buangnya juga tinggi. Pengaruh lainnya adalah motor juga bisa sulit dinyalakan. Sebab, mesin belum menyesuaikan kondisi suhu lingkungan," ujar Rendra.

Tak banyak yang tahu bahwa sistem injeksi sebenarnya menyimpan data saat motor dimatikan (off). Maka dari itu, saat dihidupkan kembali tanpa menunggu indikator mati, data lama atau data ketika dimatikan itulah yang akan digunakan.

Rendra menyarankan, sebaiknya menunggu hingga beberapa detik sebelum menyalakan mesin motor injeksi. Ibarat komputer, setelah dinyalakan perlu loading dulu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kesalahan Klasik Pemilik Motor Injeksi Saat Menghidupkan Mesin", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/14/130200315/kesalahan-klasik-pemilik-motor-injeksi-saat-menghidupkan-mesin.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm