Tim Satgas Covid-19, persiapan melakukan Rapid tes antigen di tempat keramaian di Kota Pangkalpinang, Senin (15/2/2021) malam.
Tim Satgas Covid-19, persiapan melakukan Rapid tes antigen di tempat keramaian di Kota Pangkalpinang, Senin (15/2/2021) malam. ( Dok. Bangkapos.com)

Tiba di Bangka Belitung, Penumpang Akan di Rapid Test Antigen Ulang

17 Mei 2021 08:42 WIB

SONORABANGKA.ID - Gubernur Kepualauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, sudah menerbitkan kebijakan terbaru untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 saat arus balik mudik lebaran 2021.

Kebijakan tersebut ditujukan kepada warga yang ingin kembali ke Bangka Belitung setelah melakukan libur lebaran.

Nantinya, penumpang yang tiba di bandara dan pelabuhan yang ada di Bangka Belitung, mulai Senin (17/5/2021) ini, diwajibkan untuk melakukan rapid test antigen ulang.

Rapid test antigen tersebut akan dilakukan oleh tim Satgas Babel bersama KKP, TNI/Polri dan instansi terkait lainya.

Baca Juga: Idul Fitri 1442 H, Sebanyak 214 WBP Lapas Pangkalpinang Terima Remisi

Sekretaris Percepatan, Penanganan Satgas Covid-19 Bangka Belitung, Mikron Antariksa, mengatakan mereka menyiapkan 10 ribu rapid test antigen untuk mengetes kembali setiap penumpang yang tiba di Babel.

"Awalnya menggunakan tes GeNose tetapi biar lebih akurat kita mengunakan rapid test antigen sebanyak 10 ribu disiapkan. Tes ini dilakukan secara gratis oleh Pemerintah Provinsi Bangka Belitung," kata Mikron Antariksa, kepada Bangkapos.com, Minggu (16/5/2021) malam.

Mikron, menegaskan setiap penumpang yang tiba dari luar Babel baik di bandara dan pelabuhan, akan langsung digiring petugas Satgas untuk melakukan tes ulang dengan rapid test antigen, sebelum kembali ke rumah masing-masing.

"Jadi besok pagi mulainya, ketika penerbangan tiba di Babel petugas kita langssung menggiring penumpang untuk dilakukan tes ulang rapid test antigen. Apabila hasilnya negatif dipersilakan pulang, tetapi apabila positif Covid-19 langsung kita karantina di rumah sakit khusus Covid-19 RSUD Soekarno," kata Mikron.

Kebijakan ini, dilakukan kata Mikron, setelah hasil rapat bersama forkopimda dilakukan, Minggu (16/5/2021) di Posko Satgas, untuk menindak lanjuti upaya arus balik mudik lebaran di Bangka Belitung dan menekan kasus positif Covid-19 yang kian bertambah setiap harinya.

"Di mana untuk hari ini kasus baru Covid-19 di Babel bertambah 75 orang, dan sembuh 173 orang kemudian meninggal dunia bertambah 3 orang. Dengan tambahan kasus baru ini Babel menduduki peringkat 12 secara nasional dari 34 provinsi di Indonesia," ujarnya.

Bertambahnya 75 orang, pada Minggu (16/5/2021) membuat kasus positif Covid-19 di Babel menjadi total 15.649 kasus, sembuh bertambah 173 kasus, total 14.086 kasus, meninggal dunia bertambah 3 orang total menjadi 242 kasus.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Berlaku Besok, Penumpang Tiba di Bangka Belitung Jalankan Rapid Test Antigen Ulang

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm