Penumpang kapal mulai memadati Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Selasa (18/05/2021).
Penumpang kapal mulai memadati Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Selasa (18/05/2021). ( Bangkapos.com/ Rizky Irianda Pahlevy)

Arus Balik, Pelabuhan Tanjung Kalian Mulai Ramai Penumpang Kapal

19 Mei 2021 11:06 WIB

SONORABANGKA.ID - Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok mulai dipadati penumpang kapal pada Selasa (18/5/2021) setelah berakhirnya larangan mudik lebaran Idul Fitri 1442 Hijriyah dari Pemerintah Pusat.

Diketahui sebelumnya, selama pemberlakuan larangan mudik tanggal 6-17 Mei 2021, untuk penumpang kapal baik dari Pelabuhan Tanjung Kalian menuju Pelabuhan Tanjung Api-api ataupun sebaliknya hanya dipenuhi dengan aktivitas angkutan logistik.

Salah satu penumpang kapal yang baru tiba, Narti menuturkan, kedatangannya bersama dua anggota keluarga sudah direncanakan jauh hari untuk mengantisipasi larangan mudik.

 

"Berangkat ke Palembang itu tanggal 3 kemarin, terus sekarang balik lagi ya ngehindar larangan mudik. Pengen mudik ya jadi ya gak apa-apa, pulang pergi lebih cepet dari pada enggak bisa pulang," terang Narti.

Terkait protokol kesehatan, Narti pun mengungkapkan baik dirinya ataupun keluarga sudah menerapkannya agar terhindar dari penularan Covid-19.

"Mudik ini ada sempet takut kena covid-19, tapi pengen pulang karena tahun kemarin gak bisa pulang. Masker ya pake takut juga kalau kena, kan gak bisa ngapa-ngapain nanti," ucapnya.

Sementara itu penumpang lain, Amir mengungkapkan terkait tes kesehatan seperti rapid antigen masih dirasa memberatkan bagi para penumpang kapal.

"Pengen lah kalau bisa lebih murah ya bagus, kalau sekarang harga tes lebih mahal dari pada tiket kapal. Ini pakai kapal juga karena deket aja dari rumah, jadi pakai kapal kalau tinggal di Pangkalpinang mungkin udah pake pesawat," ungkap Amir.

Sementara itu rencananya di Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok akan menerapkan alat tes GeNose sebagai alternatif pilihan calon penumpang untuk melakukan tes covid-19.

Namun hingga kini alat tes GeNose yang rencananya akan diberikan oleh Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, hingga kini belum tersedia di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok.

"Belum ada pak, coba hari ini saya tanyakan ke tim satgas Covid-19 Kabupaten," ungkap General Manager PT. ASDP Muntok, Sugeng Purwono saat dihubungi melalui pesan singkat.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Arus Balik Mudik, Pelabuhan Tanjung Kalian Mulai Dipadati Penumpang Kapal Laut

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm