Ilustrasi hujan
Ilustrasi hujan ( Freepik.com)

Waspadai Angin Kencang, Cuaca di Babel Masih Berpotensi Hujan

20 Mei 2021 12:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Hari ini hingga tiga hari ke depan cuaca di Bangka Belitung diprakirakan masih akan berpotensi turun hujan ringan hingga sedang pada siang hingga sore dan pada malam hari, Kamis (20/5/2021).

Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang, Kurniaji.

 

"Tentu ada potensi angin kencang, apalagi di musim pancaroba saat ini bahwa musim pancaroba sangat identik dengan hujan sedang-lebat yang sering turun secara tiba-tiba, sporadis dan berulang, tidak hanya itu, potensi terjadinya puting beliung juga lebih tinggi di musim pancaroba," tutur Kurniaji dikutip dari Bangkapos.com, Kamis (20/5/2021).

Lebih lanjut, berdasarkan informasi, meskipun di Babel masih sering hujan, namun suhu yang terasa panas adalah kondisi yang normal terutama untuk wilayah Bangka Belitung dan Indonesia secara umum.

Secara geografis wilayah Indonesia berada disekitar wilayah ekuatorial, sehingga memiliki karakteristik dinamika atmosfer yang berbeda dengan wilayah lintang menengah-tinggi.

"Selain itu, wilayah Indonesia juga memiliki variabilitas perubahan cuaca yang cepat, tidak terkecuali wilayah Babel, sesuai data suhu yang kami amati dalam kurun waktu 10 hari terakhir bahwa rentang suhu tertinggi yang tercatat di Pangkalpinang adalah antara 31,4 - 32,6 derajat celcius.

Sedangkan suhu tertinggi yang pernah terecord di Pangkalpinang adalah sebesar 35,9 derajat celcius yaitu tanggal 22 September 2009 dan suhu rata-rata untuk wilayah Bangka adalah sekitar 26-27 derajat celcius," ungkap Kurniaji.

Selain itu, untuk wilayah pulau Bangka awal musim kemarau diprediksi akan mulai pada periode Juni Dasarian II sampai dengan Dasarian III, sedangkan untuk wilayah Pulau Belitung tidak dapat di tentukan mengingat pulau Belitung termasuk kategori Non ZOM (Zona Musim).

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Kondisi Cuaca Terkini, Berpotensi Hujan di Wilayah Bangka Belitung, Waspadai Angin Kencang

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm