Ilustrasi menyalakan mesin mobil (doityourself.com)
Ilustrasi menyalakan mesin mobil (doityourself.com) ( kompas.com)

Kenapa Harus Injak Pedal Rem Sebelum Menyalakan Mesin Mobil Transmisi Matik?

20 Mei 2021 21:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Melakukan Menyalakan mobil dengan transmisi otomatis biasanya harus sambil menekan pedal rem.

Sedangkan untuk beberapa mobil zaman dahulu, selain transmisi otomatis, tinggal putar saja kunci mobilnya dan mesin menyala.

Tapi saat ini, kebanyakan pabrik mobil mengharuskan pengemudi untuk menekan pedal rem baru mesinnya bisa dinyalakan.

Kalau tidak diinjak, mesin tidak akan menyala walaupun sudah memutar kunci atau menekan tombol start/stop engine.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, prosedur untuk menyalakan mobil matik dengan menginjak pedal rem dahulu bertujuan untuk keselamatan pengemudinya.

“Menginjak rem terlebih dahulu sebelum menyalakan mesin mobil merupakan prosedur keselamatan, agar mobil tidak langsung bergerak atau jalan saat msin hidup,” kata Didi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Begitu juga yang disampaikan oleh Bambang Supriyadi, Head Product Improvement/ EDER Dept. Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor. Diinjaknya rem membuat mobil diam ketika mesin dinyalakan.

“Menyalakan mobil matik dengan injak rem terlebih dahulu dilakukan untuk mengantisipasi mobil bergeser secara tiba-tiba saat mesin dinyalakan. Tujuannya untuk memastikan keamanan si pengemudi dan kendaraannya,” ucap Bambang.

Ketika memutar kunci atau menekan tombol start/stop engine tanpa menginjak pedal rem, mobil akan masuk ke mode aksesori.

Dalam mode ini, seluruh perangkat elektronik bisa difungsikan, misalnya power window bisa digunakan tanpa harus menyalakan mesin.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm