Ilustrasi perawatan aki pada mobil (personal.neacelukens.com)
Ilustrasi perawatan aki pada mobil (personal.neacelukens.com) ( kompas.com)

Tidak Boleh Sembarangan, Lepas Pasang Aki Mobil Ada Aturannya

23 Mei 2021 20:00 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Saat hendak melakukan penggantian aki, banyak pemilik mobil yang melakukannya sendiri di rumah. Sebab, hal itu dinilai mudah untuk dilakukan.

Akan tetapi, ada catatan tersendiri kalau Anda ingin melakukan penggantian komponen penyimpanan energi listrik tersebut. Terutama saat melepas dan memasang kabel pada kedua kutub aki, yakni negatif dan positif.

Ketika melepas dan memasang aki, tidak boleh sembarang mencopot kabelnya saja. Tetapi, tahapannya juga harus benar, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti korsleting atau permasalahan lainnya.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, saat mencopot aki dahulukan untuk melepas kabel yang ada di pole kutub negatif. Setelah itu baru melepas kabel di pole kutub positif.

“Sedangkan saat akan memasang, tahapan yang dilakukan berbalik, yakni pasang dulu kabel di pole positif, baru dilanjutkan dengan memasang kabel di pole negatif,” ujar Didi kepada Kompas.com, Jumat (21/5/2021).

Didi menjelaskan, hal tersebut guna menghindari terjadinya korsleting listrik saat melakukan pemasangan. Sebab, kalau melakukan pemasangan kabel aki didahulukan yang negatif, kemungkinan terjadinya korsleting listrik sangat besar.

“Maka dari itu, saat melakukan pelepasan maupun pemasangan harus diperhatikan benar tahapannya,” kata dia.

Didi juga mengatakan, pada saat dipasang aki baru dan pemilik mobil merasakan getaran saat menghidupkan mesin, adalah hal yang wajar.

“Untuk menghilangkannya cukup dijalankan saja mobilnya sampai learing sendiri,” ucap Didi.

Terakhir Didi mengingatkan, saat melakukan penggantian aki sendiri di rumah baiknya pemilik mobil juga tidak lupa memperhatikan ukuran aki. Mulai dari voltase, ampere hingga dimensinya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Sembarangan, Lepas Pasang Aki Mobil Ada Aturannya", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/23/112100615/jangan-sembarangan-lepas-pasang-aki-mobil-ada-aturannya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm