Dorna Sports, FIM, dan IMI meninjau kesiapan Sirkuit Mandalika (Dok. IMI)
Dorna Sports, FIM, dan IMI meninjau kesiapan Sirkuit Mandalika (Dok. IMI) ( kompas.com)

Capirossi Inspeksi Sirkuit Mandalika, "Saya Suka Sirkuit Ini"

23 Mei 2021 21:19 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kemajuan pengerjaan sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) hampir mendekati rampung.

Dilansir dari Instagram @themandalikagp, Minggu (23/5/2021), pengerjaan sirkuit yang rencana digunakan untuk balap MotoGP Indonesia pada 2022 diklaim telah mencapai 70 persen.

Inspeksi jelang homologasi sirkuit Mandalika pun telah dilakukan oleh oleh Carlos Ezpeleta (Managing Director of Dorna Sports), Loris Capirossi (Dorna Race Direction Representative) dan Franco Uncini (FIM Grand Prix Safety Officer).

"Saya suka dengan layout dan tempat ini. Kami benar-benar akan kembali ke sini," kata Loris Capirossi dalam video di Instagram tersebut.

Capirossi mengatakan, ia sangat mencintai Indonesia karena masyarakatnya juga suka dengan balap MotoGP.

"Bagi kami mengunjungi Indonesia sama seperti Thailand, ini adalah tempat yang fantastik," kata dia.

Mantan pebalap MotoGP ini menilai, perkembangan sirkuit Mandalika juga berlangsung dengan cepat dari bulan ke bulan.

"Saya dari perwakilan MotoGP menyampaikan rasa terima kasih. Kami tahu semua orang bekerja keras untuk proyek ini," ujar Capirossi.

Agar diketahui, kemajuan pembangunan sirkuit telah terlihat dari pengerjaan service road yang sudah teraspal sekitar 4.230 meter dari total 8.120 meter.

Pengaspalan lapis pertama pun sudah selesai dengan panjang keseluruhan 4,3 km. Setelah lapisan pertama selesai, maka dilakukan APTS (Asphalt Pavement Trial Site) sebelum pengaspalan kedua.

Kemudian akan dilanjutkan dengan lapisan terakhir (Surface SMA) yang ditargetkan selesai pada Juni 2021.

Asphalt Mixing Plant (AMP) akan jadi material aspal sirkuit MotoGP Indonesia ini. Produk aspal yang dihasilkan juga sesuai dengan standar homologasi.

Selain pengaspalan, saat ini juga sedang berlangsung beberapa pekerjaan lain seperti halnya pemasangan concrete barrier. Pekerjaan drainase permukaan (Pohon dan Rumput) di area JKK Mandalika International Street Circuit juga sedang dilakukan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Capirossi Sidak Sirkuit Mandalika, "Saya Suka Sirkuit Ini"", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/23/132100615/capirossi-sidak-sirkuit-mandalika-saya-suka-sirkuit-ini-.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm