Ilustrasi kucing
Ilustrasi kucing ( Liputan6.com)

Kucing Menggosokkan Kepalanya ke Kita, Ternyata Ini Maksudnya !

1 Juni 2021 09:26 WIB

SonoraBangka.id - Mungkin, Anda pernah melihat perilaku kucing yang mendekati seseorang dan menggesekkan kepalanya ke orang tersebut, atau kucing yang menggesekan kepalanya ke suatu benda.

Dilansir dari Treehugger, Sabtu (20/3/2021), kebiasaan yang dikenal dengan head bunting atau menandai wajah adalah hal umum yang dilakukan kucing liar dan kucing peliharaan.

Kucing memiliki kelenjar di berbagai lokasi di tubuhnya, termasuk pipi, bibir, hidung, dahi, dan telinga.

Mereka menggosokkan kelenjar ini pada manusia, hewan lain, dan benda untuk meninggalkan feromonnya.

Aroma merupakan komponen penting dalam kelompok kucing di alam liar.

Jadi salah satu alasan kucing melakukan hal tersebut adalah untuk menciptakan tempat yang aman dengan bau yang familier.

Feromon kucing yang tertinggal setelah ditempelkan juga memungkinkannya kembali ke tempat berburu dan menelusuri kembali rute menggunakan aroma.

Kucing juga bertumpu pada kepala untuk menyapa dan menunjukkan kasih sayang, sebuah proses yang kembali ke interaksi antara induk kucing dan anak kucing.

Meskipun menundukkan kepala adalah perilaku yang aman dan sehat bagi kucing, penting untuk membedakannya dari menekan kepala, saat hewan secara paksa mendorong kepalanya ke dinding atau benda keras lainnya, yang dapat menjadi tanda kondisi medis yang serius.

Menandai wilayah

Kucing menggunakan tundukan atau menggosokan kepala untuk menandai objek, kucing lain, dan manusia dengan aroma yang familier, paling sering menggosok dengan dagu, dahi, dan pipi.

Semua kucing dalam suatu kelompok menunjukkan perilaku ini dan kucing tanpa aroma yang sama dapat diusir dari kelompok tersebut, yang berarti bahwa aroma kelompok penting dalam pembentukan identitas kucing, dan memungkinkan kucing untuk memastikan bahwa kucing lain yang mereka temui diizinkan berada di dalam wilayah geografis tertentu.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm