Ilustrasi ban bocor tertusuk paku. (Febri Ardani/KompasOtomotif)
Ilustrasi ban bocor tertusuk paku. (Febri Ardani/KompasOtomotif) ( kompas.com)

Cara Mengatasi Ban Tubeless yang Mengalami Kena Paku di Jalan

1 Juni 2021 22:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Salah satu hal yang paling menjengkelkan saat mengendarai sepeda motor adalah ketika mengalami ban bocor.

Hal ini biasanya akan ditandai dengan ciri-ciri motor terasa oleng atau goyang saat dikendarai.

Kondisi itu tentu sangat menyebalkan, apalagi kalau terjadi di malam hari dan dalam kondisi sedang buru-buru.

Tapi, sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan untuk membuat ban bocor tidak semakin parah saat dalam kondisi darurat.

On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, untuk tipe ban tubeless masih bisa dijalankan selama pakunya masih menempel dengan catatan, pakunya adalah paku biasa, bukan paku ranjau.

“Untuk sementara masih bisa dijalankan selama pakunya masih menancap, namun tekanan anginnya harus ditinggikan. Tapi ini hanya bersifat sementara,” ujar Zulpata saat dihubungi Kompas.com, Kamis (27/5/2021).

Zulpata melanjutkan, cara tersebut aman untuk dilakukan selama tekanan angin ban masih cukup. Perlu dicatat, cara tersebut tidak berlaku kalau pemiliki motor menggunakan ban dalam.

“Kalau ban dalam sudah kena paku, tidak dapat dijalankan lagi. Karena tekanan anginnya sudah habis,” kata dia.

Ada juga yang memanfaatkan lem super untuk menambal ban tubeless dalam kondisi darurat. Tapi, menurut Zulpata cara itu tidak bisa dilakukan.

“Kalau hanya menggunakan lem sepertinya tidak akan kuat, sebab tekanan angin ban itu luar biasa. Jadi kalau sekedar lem saja, sepertinya tidak akan cukup,” ucapnya.

Zulpata menegaskan, ban yang mengalami kebocoran memang sebaiknya segera diperbaiki atau ditambal.

“Ban yang mengalami kebocoran harus segera ditambal dengan sempurna, bukan sementara seperti cara di atas. Karena komponen ini berhubungan langsung dengan keselamatan pengendara,” katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Mengatasi Ban Tubeless yang Kena Paku di Jalan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/01/090200415/cara-mengatasi-ban-tubeless-yang-kena-paku-di-jalan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm