Ketua Umum Partai PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memasuki ruang pelantikan anggota DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Selasa (1/10/2019). Sebanyak 575 anggota DPR terpilih dan 136 orang anggota DPD terpilih diambil sumpahnya.
Ketua Umum Partai PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memasuki ruang pelantikan anggota DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Selasa (1/10/2019). Sebanyak 575 anggota DPR terpilih dan 136 orang anggota DPD terpilih diambil sumpahnya. ( (ANTARA FOTOGALIH PRADIPTA) )

Megawati Menerima Bintang Jasa dari Presiden Rusia Vladimir Putin

2 Juni 2021 16:00 WIB

SONORABANGKA.ID - Saat ini Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri akan menerima Bintang Jasa Negara untuk Persahabatan (State Order of Friendship) dari Republik Federasi Rusia, Rabu (2/6/2021).

Ketua Bidang Luar Negeri DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah menyampaikan, bintang jasa ini disematkan melalui dekrit presiden yang ditandatangani Presiden Rusia Vladimir Putin pada 10 Februari 2020 lalu, dalam rangka memperingati 70 tahun hubungan Indonesia-Rusia.

Tadinya, penghargaan ini akan diserahkan langsung Presiden Putin pada November 2020.  "Namun berhubung adanya pandemi Covid-19, maka Bintang Jasa baru bisa diserahkan oleh Duta Besar Lyudmila Vorobyova di Jakarta pada hari Selasa ini (2/6) di kediaman Bu Mega di Teuku Umar," ucap Basarah dalam siaran pers, Rabu. 

Basarah menuturkan, Megawati mendapat penghargaan itu karena jasa-jasanya dalam mempererat pesahabatan, kerja sama, dan saling menghargai antarmasyarakat kedua negara.

Basarah mengungkapkan, ketua Umum PDI-P itu telah menjadi pelopor dalam membangun peradaban politik yang penuh kedamaian dan persahabatan bagi dunia.


"Beliau dalam setiap kesempatan di forum-forum International senantiasa menekankan politik damai penuh persahabatan yang bermartabat dan saling menghargai," ucap Basarah.


Megawati akan menjadi orang pertama dari Indonesia yang menerima penghargaan yang telah diberikan ke sejumlah tokoh sejak tahun 2000.

Beberapa penerima Bintang Jasa Persahabatan dari Rusia antara lain mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad, mantan Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew, dan mantan Sekjen PBB Ban Kim Moon.

“Penghargaan 'State Order of Friendship; dapat dikategorikan sebagai penghargaan negara Rusia untuk penerima dengan prestasi dan jasa yang luar biasa," tutur Basarah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Megawati Akan Terima Bintang Jasa dari Presiden Rusia Vladimir Putin", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2021/06/02/14382331/megawati-akan-terima-bintang-jasa-dari-presiden-rusia-vladimir-putin.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm