Ilustrasi anak bermain bersama ayah
Ilustrasi anak bermain bersama ayah ( )

Ini Alasan Kenapa Orangtua Harus Temani Anak saat Bermain

2 Juni 2021 21:25 WIB

SonoraBangka.id - Biasanya anak-anak sangat senang ketika dibelikan mainan baru.

Begitu memegangnya, biasanya anak akan langsung berlari ke kamar untuk mengeksplorasi mainan tersebut sendirian.

Nah, perlu Anda ketahui, justru di sinilah peran orangtua sangat dibutuhkan.

“Mainan tidak hanya cukup dibeli, tetapi yang terpenting adalah interaksi antara orangtua dan anak,” tutur Lina Paulina, Vice President Mothercare dan Early Learning Centre (ELC), usai acara peluncuran koleksi Christmas Toys ELC di Jakarta, Selasa (15/11/2016).

Dia melanjutkan, interaksi yang dilakukan orangtua bisa berlanjut dari saat membelikan ke setelah membelikan.

Dalam tahap ini, jelaskan manfaat-manfaat dari mainan tersebut dan apa saja yang bisa anak-anak lakukan melalui mainan yang mereka miliki.

Lina memberikan contoh, seorang anak perempuan dibelikan permainan masak-masakan.

Sebagai orangtua dari anak perempuan tersebut, seharusnya orangtua ikut bermain dengan sang buah hati dan memberikan mereka pengetahuan mengenai dasar-dasar memasak.

Walaupun mainan tidak seperti kenyataan, tetapi mereka akan mengingat hingga dewasa apa yang telah Anda ajarkan semasa kecil.

“Jadi di situlah peran orangtua sangat penting. Orangtua tidak hanya membeli mainan dan membiarkan anaknya bermain sendirian,” ujarnya.

Jadi, melalui interaksi inilah, Anda tidak hanya memberikan edukasi, tetapi juga membina kedekatan dengan buah hati tercinta.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm