Suara Hati Istri Zahra
Suara Hati Istri Zahra ( (Instagram @indosiar) )

Pemeran Sudah Diganti, Namun Indosiar Diminta Berhentikan Sinetron Suara Hati Istri

4 Juni 2021 15:46 WIB

SONORABANGKA.ID - Stasiun televisi Indosiar mendapatkan surat terbuka terkait sinetron Suara Hati Istri yang beberapa hari belakangan ini menjadi sorotan. Surat terbuka ini berisi kecaman dari Jaringan Anak dan Kaum Muda Melawan Perkawinan Anak (JAKMMPA) yang menuntut Indosiar supaya memberhentikan tayangan Suara Hati Istri.

Walau Lea Ciarachel (15) sebagai Zahra sudah digantikan oleh Hanna Kirana, menurut mereka, Suara Hati Istri hal tersebut tak dapat menuntaskan permasalahan utama.
"Yaitu, jalan cerita yang mempromosikan perkawinan anak dan kekerasan berbasis gender," bunyi surat tersebut tersebut seperti dikutip Kompas.com, Jumat (4/6/2021).

"Karenanya, kami menyayangkan tidak adanya perubahan jalan cerita, di mana karakter anak perempuan berusia 17 tahun tergambarkan sebagai istri ketiga dari seorang laki-laki dewasa," tambahnya. Dalam surat terbuka ini dijelaskan bahwa Zahra dalam Suara Hati Istri merupakan perempuan berusia 17 tahun dan istri ketiga dari Tirta.


Surat terbuka tersebut juga menekankan, agar alur cerita Suara Hati Istri tidak sejalan dengan semangat perlindungan anak dan penghapusan perkawinan anak menurut Undang Undang Perkawinan.

"UU Perkawinan No. 16/2019 atas perubahan UU No. 1/1974 tentang usia minimum menikah untuk perempuan adalah 19 tahun. Kedua, usia dibawah 18 tahun adalah usia anak yang dilindungi dari segala bentuk kekerasan oleh UU No. 35/2014, termasuk perkawinan anak," bunyi surat terbuka tersebut.

Untuk Diketahui, sejumlah artis dan masyarakat mengkritik sinetron Suara Hati Istri karena menggunakan pemain berusia 15 tahun untuk memerankan tokoh Zahra yang diceritakan adalah istri ketiga.


Banyak adegan pada sinetron tersebut juga menjadi sorotan dan dinilai tak pantas untuk diperankan oleh perempuan berusia 15 tahun.

Sementara itu, alur cerita di dalamnya mendapat perhatian karena dianggap permisif terhadap pernikahan anak. KPI pun akhirnya meminta Indosiar untuk melakukan evaluasi pemeran dan alur cerita untuk Suara Hati Istri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Walau Pemeran Sudah Diganti, Indosiar Diminta Berhentikan Sinetron Suara Hati Istri, Kenapa? ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2021/06/04/141423666/walau-pemeran-sudah-diganti-indosiar-diminta-berhentikan-sinetron-suara.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm