Miguel Oliveira (DOK. KTM_RACING)
Miguel Oliveira (DOK. KTM_RACING) ( kompas.com)

Hasil MotoGP Catalunya 2021 - Miguel Oliveira Berhasil Juara, Baju Balap Quartararo Bermasalah

6 Juni 2021 19:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pebalap KTM Miguel Oliveira menjadi juara di MotoGP Catalunya 2021, Minggu (6/6/2021). Sempat terjadi petarungan ketat antara Oliveira dan pebalap Monster Yamaha, Fabio Quartararo.

Akan tetapi, menjelang tiga lap terakhir Quartararo terlihat mengalami masalah pada baju balapnya, dan sempat melepas pelindung dada. Situasi ini membuatnya malah mengendur dan bisa disalip pebalap lain.

Saat melintas garis finish, Quartararo malah mendapat hukuman penalti dari race director dan gagal podium karena dianggap memotong jalan. Posisi kedua ada Johann Zarco dan di podium ketiga ada Jack Miller.

Jalannya Balapan

Seri MotoGP ketujuh digelar di sirkuit bernama Circuit de Barcelona-Catalunya sepanjang kurang lebih 4,6 km dengan total 13 tikungan, 5 ke kiri dan 8 ke kanan.

Sirkuit ini awalnya digunakan untuk ajang F1 pada 1991. Kemudian pada 1996, sirkuit ini menjadi tuan rumah ajang MotoGP.

Sirkuit Catalunya terkenal sebagai salah satu trek tersulit dalam kalender balap MotoGP. Karakter sirkuit yang butuh teknik tinggi tidak begitu disukai tim balap.

Masalahnya teknisi harus menemukan setelan terbaik motor ketika dipacu pada trek lurus yang diakhiri dengan heavy breaking, tikungan melengkung datar, permukaan trek yang bergelombang, hingga kontur tanah yang berbukit-bukit.

Belum lagi cuaca yang berubah-ubah sejak pagi sampai sore hari, membuat suhu trek tidak pasti yang berdampak pada sulitnya pemilihan ban.

Walau begitu, Sirkuit Catalunya tetap menjadi salah satu trek favorit para pebalap lantaran atmosfer penonton yang selalu penuh setiap kali balapan.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm