( Ist / Bid Humas Polda Babel)

Polda Babel Amankan Kapal Hantu

7 Juni 2021 10:07 WIB

SonoraBangka.id - Polda Babel berhasil mengamankan kapal tanpa nama (kapal hantu) yang melintas diperairan Muntok kabupaten Bangka barat dengan kecepatan tinggi diduga membawa muatan ilegal.Sabtu (05/06/21).

"Menindak lanjuti informasi tersebut Wadirpolairud Polda Babel dan iptu asmadi melaksanakan koordinasi dg Pilot heli bko Mabes Polri,kemudian pada pukul 07.30 wib dilaksanakan Breafing oleh Wadirpolairud kepada pers dan crew heli yg akan berangkat, Selanjutnya Wadirpolairud beserta team berangkat menggunakan helikopter bko Mabes Polri menuju Pulau Maspari perairan Bangka selatan,"ujar Kabid Humas Polda Babel Kombes pol Maladi dalam release yang disampaikan.

Kombes Pol Maladi menjelaskan pada saat helikopter melintasi perairan Pulau Nangka Sungai Selan Kabupaten Bangka Tengah terdeteksi dan terpantau secara visual 1 ( satu ) unit kapal yang melaju dengan kecepatan tinggi. kemudian pilot mengarahkan helikopter mendekati kapal tersebut,dan ternyata kapal tersebut adalah benar kapal yg diduga membawa muatan illegal.

"Selanjutnya pers memberikan himbauan dengan menggunakan public speaking agar Nakhoda menghentikan kapal tersebut, namun himbauan diabaikan oleh Nakhoda, sehingga personil helikopter memberikan tembakan peringatan ke arah haluan kapal namun tetap tidak diindahkan oleh Nakhoda. Selanjutnya personil yang ada didalam helikopter mengarahkan tembakan yg mengenai badan kapal namun tetap tidak diindahkan dan kapal tetap melaju dengan kencang,"ungkapnya.

Kemudian Dalam masa pengejaran terlihat oleh Wadirpolairud dan team adanya salah satu Abk kapal cepat tersebut membuang sesuatu ke lautan,setelah melihat itu personil kembali memberikan tembakan ke arah kapal namun nakhoda malah mengarahkan kapalnya ke wilayah pantai sumatera dan menabrakkan kapalnya kehutan bakau yg ada di tanjung jati Kabupaten Oki Provinsi Sumsel.

"Nah, Setelah kapal berhenti karena menabrak kayu-kayu besar didalam hutan tersebut Nakhoda dan abk melarikan diri kedalam hutan bakau sehingga personil melakukan tembakan agar Nakhoda dan abk tidak melarikan diri namun tetap tdk diindahkan oleh mereka,"tuturnya.

"Selanjutnya personil melakukan hel jump ke perahu nelayan yang tidak jauh posisinya dari titik kapal cepat tersebut terhenti dengan tujuan untuk mengamankan kapal cepat tanpa nama tersebut dan sekitar pukul 10.00 wib kapal tanpa nama atau sering disebut dengan kapal hantu berhasil dikuasai namun Nakhoda dan Abk telah melarikan diri,"tambahnya.

SumberBid Humas Polda babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm