Ilustrasi anak membaca buku
Ilustrasi anak membaca buku ( edureviews.com)

Anak Tidak Suka Membaca Buku ? Inilah 5 Kiat agar Anak Menyukainya

8 Juni 2021 10:57 WIB

SonoraBangka.id - Tidak hanya untuk pendidikan, membaca buku juga sangat penting untuk kemampuan komunikasi anak terutama di era digital saat ini.

Oleh karena itu, penting rasanya untuk membuat agar anak senang membaca buku.

Menurut studi dari University of Rochester’s Warner School of Education, menumbuhkan kecintaan membaca buku pada Si Kecil adalah kunci untuk membuka pintu pembelajaran hidupnya.

Membaca bisa jadi sumber informasi yang menyenangkan, menghibur, dan menarik bagi anak-anak.

Menanamkan kecintaan membaca sejak dini akan mengembangkan kosa kata, membangun kemandirian serta kepercayaan diri secara tidak langsung.

Untuk itu, penting bagi orang tua membantu Si Kecil agar senang membaca buku.

Nah, berikut ini kiat agar anak senang membaca buku ! Simak di bawah ini ya.

1. Pilih buku yang disukai anak

Mulailah dengan buku yang mungkin akan mereka sukai. Jika Si Kecil merasa semua buku membosankan, Anda bisa mencoba buku dengan cover depan yang unik untuk menarik perhatiannya terlebih dahulu.

Studi dari University of California Cooperative Extension menyatakan orangtua harus mulai memasukkan berbagai macam buku yang mungkin akan mereka sukai, seperti buku cerita dengan gambar, buku berhitung, dan buku alfabet.

Hal ini akan mendorongnya untuk menyukai membaca dan buku.

2. Jadikan sebagai rutinitas

Semakin sering anak bertemu dengan buku, maka akan bertambah juga ketertarikan mereka dengan membaca.

Anda bisa mencoba mengatur jadwal membaca dengan Si Kecil setiap hari, agar kegiatan ini menjadi rutinitas yang terus terjadi.

Jika membaca sudah menjadi bagian penting dalam hidupnya, ia akan mulai membaca semua hal yang ada di sekitarnya seperti nama menu, nama film, rambu-rambu di jalanan serta laporan cuaca.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm