Ilustrasi perawatan aki pada mobil (personal.neacelukens.com)
Ilustrasi perawatan aki pada mobil (personal.neacelukens.com) ( kompas.com)

Jangan Sampai Salah Beli, Aki Mobil Mesin Bensin dan Diesel Beda Spesifikasi

11 Juni 2021 18:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Akumulator atau aki jadi komponen utama yang vital pada sistem kelistrikan dalam mobil.

Berkat aki, seluruh perangkat kelistrikan dalam sebuah kendaraan bisa berfungsi karena mendapatkan suplai daya yang cukup. Aki juga berperan penting dalam proses menghidupkan mesin mobil.

Tiap-tiap mobil mempunyai aki dengan ukuran dan spesifikasi yang berbeda-beda. Untuk mobil bertenaga bensin dengan mobil bermesin diesel pun akinya tidaklah sama.

Oleh karena itu, pemilik mobil jangan sampai salah dalam membeli aki agar tidak rugi.

Didi Ahadi selaku Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor menjelaskan, perbedaan jenis aki antara mobil bensin dengan mobil diesel salah satunya dikarenakan daya yang dibutuhkan untuk menyalakan mesin pun berbeda.

“Ini karena adanya perbedaan dalam kapasitas mesinnya, sehingga tenaga yang dibutuhkan juga berbeda. Misalkan, di mesin diesel untuk memanaskan glow plug saat awal starter juga lebih besar," kata Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ia pun menambahkan, untuk beberapa mobil lama atau motuba bahkan membutuhkan aki dengan spesifikasi ampere yang tinggi hingga mencapai 100 ampere.

“Untuk mesin lama yang membutuhkan waktu untuk memanaskan glow plug itu sampai 100 ampere. Kalau mesin sekarang relatif lebih kecil 70-an ampere saja,” kata Didi menambahkan.

Serupa dengan Didi, Suparna selaku Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak juga menjelaskan bahwa perbedaan aki antara mobil bensin dan mobil diesel dikarenakan perbedaan sistem kerja pada kedua jenis mesin tersebut.

Suparna mencontohkan, untuk Toyota Kijang Innova tipe mesin diesel dengan kapasitas mesin 2.400 cc butuh aki dengan 65 ampere. Sementara untuk Kijang Innova bermesin bensin hanya butuh aki sekitar 55 ampere.

“Untuk starter awal kan mobil diesel lebih berat, jadi ampere baterai yang digunakan juga lebih besar. Kalau menggunakan yang lebih kecil akan drop dan baterai cepat tekor, jadi lebih baik menggunakan sesuai yang standar,” ungkap Suparna.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Salah Beli, Aki Mobil Mesin Bensin dan Diesel Beda Spesifikasi", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/11/111200515/jangan-salah-beli-aki-mobil-mesin-bensin-dan-diesel-beda-spesifikasi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm