Ilustrasi ruang tamu
Ilustrasi ruang tamu ( (Unsplash/Francesca Tosolini))

Beberapa Tips Dekor Ruang Tamu Sempit Jadi Aesthetic

15 Juni 2021 16:16 WIB

SonoraBangka.ID - Ruang tamu yang sempit bukan kendala untuk mendekor ruangan agar tetap terlihat aesthetic dan nyaman ditinggali. Terlebih, ruang tamu adalah kesan pertama para tamu yang datang dan tentunya penting untuk mempertimbangkan kenyamanan para tamu. Meskipun ruang tamu memiliki lahan terbatas, tapi kamu bisa bisa menggunakan tips-tips berikut ini untuk dekor ruang tamu sempit agar lebih aesthetic, seperti dilansir dari sejumlah sumber,

1. Ukur ruang tamu

Hal pertama yang harus diperhatikan saat hendak mendekor ruang tamu menjadi lebih aesthetic ialah mengukur ruangan dengan tepat. Terkadang kita terburu-buru membeli furnitur anek bentuk dan warna tanpa memperhatikan ukuran ruang tamu.

Nah, sebelum membeli furnitur, pastikan untuk mengukur ruang tamu lebih dulu lalu tentukan ukuran furnitur yang dibutuhkan. Jika perlu, buat denah ruangan agar lebih tepat dan akurat.

2. Furnitur dan warna dinding

Evaluasi warna dinding untuk mendapatkan kombinasi warna yang tepat dan berkesinambungan antara sofa, furnitur, lantai, dan dinding ruang tamu. Baca juga: 6 Cara Membuat Ruang Tamu Sempit Tampak Lebih Luas dan Terang Misalnya, warna putih atau keabu-abuan pada dinding akan membuat ruangan lebih luas sehingga cocok dipadukan dengan furnitur-furnitur berwarna gelap untuk keseimbangan dekorasi ruangan. Selain itu, pilih juga furnitur dengan desain simpel berbahan kayu dengan warna gelap untuk kesan yang lebih luas. Selain itu, kursi kayu juga bisa diubah-ubah posisinya karena lebih ringan dibandingkan dengan sofa.

3. Jangan lupakan karakter

Meskipun banyak tren desain ruang tamu aesthetic yang dapat kamu temukan di berbagai platform sosial media, tapi jangan lupakan karakter dan ciri khasmu. Pastikan kamu memiliki sentuhan personal yang akan membuatmu nyaman berlama-lama di ruang tamu. Misalnya, meletakkan tumbuhan di beberapa sudut ruang tamu karena kamu adalah pecinta tanaman.

4. Jaga kerapian 

Mengingat terbatasnya lahan pada ruang tamu, maka sebaiknya jaga kerapihan ruang tamu, gunakan warna-warna netral, pilih furnitur yang simpel namun dan fleksibel serta tempatkan semua benda pada tempatnya. Ruang tamu yang rapi dan bersih akan memberikan kenyamanan meskipun ukurannya sempit.Jika perlu pasang rak dinding untuk meletakkan berbagai perabotan seperti remot, buku, hingga perintila lainnya agar terlihat lebih rapi.


5. Fungsional

Sebisa mungkin manfaatkan segala sudut ruangan pada ruang tamu yang kecil. Misalnya, pilih sofa tiga dudukan atau rak dinding untuk menghemat tempat.

Pilih lampu, rak buku, meja, kursi, dengan warna-warna netral dan solid agar tidak terlalu banyak warna dan membuat ruang tamu terlihat lebih sempit. Pertimbangkan juga untuk meletakkan cermin atau wallpaper dinding untuk kesan yang lebih aesthetic dan dinamis.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tips Dekor Ruang Tamu Sempit Jadi Aesthetic", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/14/083900976/5-tips-dekor-ruang-tamu-sempit-jadi-aesthetic?page=2


Penulis : Lolita Valda Claudia
Editor : Sakina Rakhma Diah Setiawan

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm