Kedua, belajarlah menggunakan alat pemadam kebakaran. Selain itu, penting juga bagi Anda mencatat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat gempa bumi terjadi.
Kedua, belajarlah menggunakan alat pemadam kebakaran. Selain itu, penting juga bagi Anda mencatat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat gempa bumi terjadi. ( (SHUTTERSTOCK/Andrey VP) )

Maluku Siaga Gempa Susulan dan Tsunami, Wajib Lakukan 7 Tindakan Antisipasi Ini

16 Juni 2021 16:44 WIB

SONORABANGKA.ID - Kini Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk waspada gempa susulan dan potensi tsunami akibat longsor di bawah laut Maluku.

Pada informasi update terbaru yang diterima Kompas.com, masyarakat di sepanjang Pantai Japutih sampai Pantai Apiahu Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Seram, Maluku diminta untuk segera menjauhi pantai menuju tempat tinggi.

Sebelumnya, BMKG menyampaikan adanya peristiwa gempa bumi berkekuatan M 6,1 yang mengguncang wilayah Pulau Seram, Maluku.


Gempa tersebut terjadi pada pukul 11.43 WIB, berpusat di titik koordinat 3,39 LS dan 129,56 BT. Tepatnya lokasi gempa terletak 67 kilometer arah Tenggara, Maluku Tengah.

Berikut 7 tindakan antisipasi yang harus dilakukan sebelum terjadi gempa susulan dan tsunami:


1. Hindari bangunan retak atau rusak

Kunci utama yang harus dilakukan, sebagai antisipasi gempa susulan adalah menghindari struktur bangunan yang retak atau rusak.

Karena, kematian atau korban jiwa yang meninggal dunia saat terjadi bencana gempa bumi bukanlah akibat peristiwa gempa bumi itu sendiri, melainkan tertimpa bangunan-bangunan yang retak atau rusak dan roboh diguncang getaran gempa.

2. Hindari daerah pesisir

Umumnya lokasi koordinat gempa bumi pusatnya terjadi di laut. Jika gempa terjadi dengan kekuatan magnitudo yang besar dan skala intensitas getaran yang dihasilkan juga kuat, maka sangat berisiko menghasilkan tsunami.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm