Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik ()
Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik () ( kompas.com)

Terdapat Tombol Pengunci pada Tuas Transmisi Mobil Matik, Apa Fungsinya?

21 Juni 2021 16:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Kini mobil dengan transmisi otomatis (matik) sering dipilih oleh konsumen otomotif. Sebab, bisa membuat pengemudi lebih santai dalam berkendara tanpa perlu repot memindahkan transmisi atau menggerakan kedua kaki.

Perlu diketahui, tuas transmisi pada mobil matik umumnya memiliki 3 model, yaitu gate (zigzag), straight (lurus), dan knob. Khusus yang terakhir masih jarang ditemui, karena hanya disematkan pada mobil-mobil keluaran terbaru.

Biasanya pada tuas dengan model straight terdapat tombol pengunci pada bagian tuasnya. Sedangkan untuk model zigzag tidak memiliki tombol pengunci tersebut.

Lalu, apa sebenarnya fungsi tombol tersebut?

Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi mengatakan, pada dasarnya fungsi tombol pada tuas tersebut adalah untuk mencegah transmisi berpindah secara tidak sengaja.

“Pengunci tombol tersebut berfungsi sebagai keamanan, untuk menghindari kalau kita tidak sengaja menyenggol tuas tersebut atau tergeser tidak sengaja,” ucap Anjar saat dihubungi Kompas.com, Minggu (20/6/2021).

Anjar menambahkan, sedangkan jika untuk model gate memang jarang yang menggunakan tombol pengunci, karena agak sulit untuk tergeser secara tidak sengaja.

Pada kesemapatan berbeda, Dealer Technical Support Dept. Head PT.TAM Didi Ahadi mengatakan, pernyataan yang sama. Ketika transmisi berpindah dari P (Parkir) ke N (Netral) pengemudi harus menekan tuas pengunci tersebut.

“Jika tidak ada pengunci, ketika tuas tidak sengaja tersenggol bisa saja membuat mobil langsung bergerak dan akan berbahaya bagi si pengemudi dan penumpang, juga orang yang berada di sekitar,” ujar Didi

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ada Tombol Pengunci pada Tuas Transmisi Mobil Matik, Apa Fungsinya?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/21/081200715/ada-tombol-pengunci-pada-tuas-transmisi-mobil-matik-apa-fungsinya-.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm