Ilustrasi layanan YouTube Premium pada perangkat iPhone.
Ilustrasi layanan YouTube Premium pada perangkat iPhone. ( (9to5Google) )

Pengguna iPhone Kini Bisa Nonton YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain

22 Juni 2021 17:55 WIB

Bangkasonora.ID - Setelah lebih dulu hadir di ponsel Android, fitur Picture in Picture (PiP) YouTube akhirnya meluncur untuk perangkat berbasis iOS, seperti iPhone dan iPad. Sebelumnya fitur ini telah hadir di Android Oreo sejak 2018 lalu. Ini artinya, pengguna iPhone dan iPad kini bisa menonton video dari aplikasi YouTube melalui mini player, bahkan saat mengakses aplikasi lainnya secara bersamaan. Dalam mode ini, video akan terus diputar secara melayang di atas atau bawah dalam jendela kecil. Sembari menonton video YouTube, pengguna bisa membuka aplikasi lain, mulai dari browser hingga WhatsApp.

Namun, menurut keterangan yang disampaikan oleh pihak YouTube, fitur PiP hadir untuk semua pengguna iOS (global) yang berlangganan YouTube Premium (berbayar). Fitur ini juga bakal hadir bagi pengguna YouTube reguler (gratis), namun hanya bagi pengguna iOS di wilayah AS saja. Bagi pengguna YouTube gratis di luar AS, mereka bisa menikmati fitur PiP dengan mengakses YouTube lewat browser Safari. "Kami mulai meluncurkan fitur PiP untuk pelanggan YouTube Premium di iOS serta berencana untuk meluncurkannya untuk semua pengguna iOS lain di AS," ujar pihak YouTube  dari Mac Rumors, Senin (21/6/2021).

Sejumlah pengguna di AS mengaku sudah bisa menggunakan fitur PiP ini melalui aplikasi YouTube mereka. Salah satunya termasuk pengguna Twitter @hgray_99.

Melalui sebuah posting di Twitter, @hgray_99 mengunggah video singkat yang memperlihatkan fitur PiP yang berjalan pada iPhone miliknya. "Picture-in-Picture YouTube akhirnya bisa bekerja di aplikasi berbasis iOS setelah bertahun-tahun lamanya. Meskipun saya kira itu hanya berfungsi jika Anda berlangganan YouTube Premium tentunya," tulis @hgray_99.

Meski tanda-tanda kehadirannya sudah dekat, sayangnya pihak YouTube sendiri masih belum mengumumkan jadwal peluncuran untuk fitur PiP ini sendiri.

Sebelumnya, keberadaan fitur PiP sempat muncul di perangkat iPhone. Pengguna iPhone dapat menonton video YouTube sambil membuka aplikasi lain dengan leluasa di jendela yang lebih besar tanpa harus menyetop YouTube. Sebelumnya, pengguna iOS mesti menonton video YouTube lewat browser Safari, apabila ingin menggunakan fitur PiP. Dukungan fitur PiP di peramban Safari mulai digelontorkan sejak iOS 14. Dengan update terbaru ini, pengguna iPhone dan iPad bisa langsung menikmati fitur PiP langsung dari aplikasi YouTube. Pengguna Android diketahui sudah sejak 2018 lalu bisa menikmati fitur yang satu ini, bahkan tanpa perlu berlangganan layanan YouTube Premium.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengguna iPhone Kini Bisa Nonton YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain"

SumberKompas Tekno
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm