Pembukaan Pelatihan Pengelolaan Toilet untuk Destinasi Wisata Kota Pangkalpinang, Selasa (22/6/21) di Bangka City Hotel.
Pembukaan Pelatihan Pengelolaan Toilet untuk Destinasi Wisata Kota Pangkalpinang, Selasa (22/6/21) di Bangka City Hotel. ( Sonorabangka.id/ Zulhaidir)

Ciptakan Destinasi Wisata Bersih, Pemkot Pangkalpinang Gelar Pelatihan Pengelolaan Toilet

23 Juni 2021 09:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam menghadiri Pembukaan Pelatihan Pengelolaan Toilet untuk Destinasi Wisata Kota Pangkalpinang, Selasa (22/6/21).

Kegiatan tersebut digelar oleh Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang selama dua hari yakni pada tanggal 22 - 24 Juni 2021, di Bangka City Hotel Kota Pangkalpinang.

Radmida Dawam dalam sambutannya menyampaikan bahwa sektor pariwisata menjadi salah satu prioritas di Kota Pangkalpinang.

Oleh karena itu, perlu adanya perhatian khusus terhadap kebersihan di lokasi destinasi wisata terutama untuk fasilitas toilet yang menjadi wajah dan daya tarik wisatawan, baik dari Nusantara maupun Mancanegara.

"Mungkin pantai kita tidak seindah pantai2 lainnya. Tapi kita bisa menjual makanannya, adat kebudayaan dan tariannya. Kita juga bisa menjual kebersihan destinasi wisata dengan toiletnya yang bersih," kata Radmida Dawam.

Menurutnya, masih  banyak toilet yang belum standar, padahal toilet merupakan fasilitas umum yang penting bagi wisatawan ketika sedang berwisata di Kota Pangkalpinang.

Ini yang menjadi prioritas pembenahan fasilitas wisata yang sesuai dengan pengembangan destinasi wisata yaitu kebersihan, keamanan, kesehatan, pelestraian lingkungan, dan regualasi daerah.

"Kebutuhan akan fasilitas umum ini semakin hari semakin meningkat seiring dengan bertambahnya penduduk dan banyaknya orang berpergian. Sehingga menuntut para pengelola destinasi pariwisata untuk memeberikan fasilitas terbaik, " pungkasnya.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm