( ist)

Jelang Idul Adha, Beberapa Masjid di Babel Dapat Bantuan Pisau Sembelih Hewan Kurban

25 Juni 2021 10:50 WIB

SonoraBangka.id - Menyambut Hari Raya Idul Adha 1442 H yang jatuh pada tanggal 20 Juli mendatang, tentunya penting bagi umat muslim untuk mendapatkan daging hewan kurban yang halal, berkualitas baik, aman, dan layak dikonsumsi. Untuk itu, Gubernur Erzaldi Rosman mengapresiasi juru sembelih hewan kurban yang disebutnya "pejuang halal" dengan memberi pisau sembelih.

"Jika hewan kurban disembelih sesuai dengan syariat Islam, maka akan baik dan berkah untuk hidup kita. Pada kesempatan ini saya ingin memberikan pisau sembelih bagi pejuang halal yang mewakili masjid. Semoga alat ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya demi kebaikan umat," ujar Gubernur Babel Erzaldi Rosman saat menghadiri Kegiatan Pelatihan Sembelih Hewan Kurban dan Penanganan Daging Kurban di Ruang Mahligai, Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, belum lama ini.

Gubernur berpesan kepada penyembelih hewan kurban agar benar-benar memahami tata cara penyembelihan hewan kurban dan diperlukan mental yang kuat. Karena menurutnya pejuang halal ini tidak hanya perlu menguasai teknisnya tetapi perlu keberanian, sehingga saat melakukan penyembelihan tidak ada keraguan yang membuat hewan meninggal tidak sempurna.

Untuk mendukung syiar penyembelihan hewan kurban yang halal, Gubernur Erzaldi mengungkapkan rencana pembangunan Tempat Pemotongan Hewan (TPH) yang akan dibangun di Parit Enam.

"Dengan pembangunan TPH ini nantinya produk hewan-hewan yang disembelih akan memiliki kualitas yang baik, karena mulai dari proses stunning (pemingsanan hewan sebelum disembelih) sampai dengan pengolahannya sesuai dengan standar. Dagingnya lembut, tidak mudah busuk, dan semua bagian bisa dimanfaatkan," ungkapnya.

Sekretaris MUI Babel, Ahmad Lutfhi mengatakan bahwa penyembelihan hewan di dalam Islam harus mengikuti tata cara yang sesuai dengan hukum Islam.

"MUI sendiri telah menerbitkan Fatwa mengenai Standar Sertifikasi Penyembelihan Halal yang menjadi pedoman bagi penyembelih hewan, sehingga apa yang kita berikan ke masyarakat ini halal," ujarnya.

Sementara itu, Ketua SYBILAL Babel, Anggi Galingga mengatakan bahwa saat ini masih ada juru sembelih yang belum mengetahui sepenuhnya mengenai tata cara sembelih kurban yang sesuai dengan syariat Islam.

"Untuk itu kami membentuk SYBILAL ini untuk menyiarkan tata cara sembelih hewan yang sesuai dengan syariat Islam. Nantinya, juru sembelih ini akan kami berikan sertifikat sebagai bukti penyembelih ini memiliki kompetensi yang sudah terverifikasi," ungkapnya.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm