minyak rem perlu dikuras dan diganti baru (ari purnomo)
minyak rem perlu dikuras dan diganti baru (ari purnomo) ( kompas.com)

Ini Waktu yang Tepat untuk Melakukan Penggantian Minyak Rem Mobil

25 Juni 2021 17:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Sistem pengereman merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan. Salah satu komponen dalam rem yang juga penting yakni minyak rem.

Selama ini masih banyak pengguna roda empat yang beranggapan bahwa minyak rem tidak tidak perlu diganti atau dikuras. Kebanyakan dari mereka menambahkan minyak rem bila volume minyak rem berkurang dilihat dari indikasi tabung minyak rem.

Padahal minyak rem juga punya masa pemakaian atau masa kadaluarsa. Sebaiknya dilakukan penggantian atau pengurasan minyak rem dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, penggantian minyak rem pada mobil sebaiknya dilakukan secara berkala, hal ini bertujuan agar rem tidak mengalami gagal fungsi atau blong yang membahayakan bagi pengemudi maupun penumpangnya.

“Untuk penggantian minyak rem dilakukan 40.000 kilometer atau jika pemakaiannya sudah tiga tahun,” kata Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Pengantian minyak rem juga dilakukan agar sistem pengereman terjaga dan pengemudi terhindar dari bahaya rem blong.

Selain itu, pengurasan juga dilakukan untuk menghindari gelembung udara yang masuk ke dalam selang rem, yang diakibatkan oleh panas yang dihasilkan oleh sistem pengereman.

“Minyak rem yang sudah melebihi batas pemakaian bisa dikhawatirkan menimbulkan udara di dalam sistem pengereman. Hal ini disebabkan saat penggunaan, cairan rem bisa mendidih dan menghasilkan uap air,” ucap Didi.

Udara di dalam sistem pengereman tersebut menghambat kerja dari minyak rem, padahal seharusnya tidak boleh ada rongga udara di selang rem agar rem dapat bekerja secara maksimal.

“Adanya uap air tersebut bisa menyebabkan terjadinya vapor lock atau rem terasa seperti blong," ucap Didi.

Maka dari itu, sekarang sudah banyak pilihan minyak rem berdasarkan penggolongan titik didih yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengereman masing-masing kendaraan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Waktu yang Tepat untuk Mengganti Minyak Rem Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/24/112200115/ini-waktu-yang-tepat-untuk-mengganti-minyak-rem-mobil.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm