( Ist)

Gubernur Babel Harap Anggaran 10 Miliar Untuk Rehabilitasi Mangrove Tepat Guna

26 Juni 2021 09:14 WIB

SonoraBangka.idAnggaran 10 miliar telah dicairkan oleh Pemerintah Pusat, hasil kerja sama antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Babel) dengan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) dan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Baturusa Cerucuk yang bertujuan memberikan dampak yang baik bagi masyarakat dan alam sekitar melalui program rehabilitasi mangrove.

Guna memastikan program ini berjalan sebagaimana mestinya, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman telah melakukan pengecekan sekaligus melakukan penanaman perdana percepatan rehabilitasi mangrove se-Kabupaten Belitung di Dusun Iler, Desa Bantan, Kecamatan Membalong, Jumat lalu.

Gubernur Erzaldi melakukan dialog terbuka dengan masyarakat. Salah satu yang ditanyakan terkait inovasi yang akan dikembangkan pada lahan mangrove, agar tidak hanya merestorasi alam, akan tetapi juga dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

Sebagian besar kelompok mengajukan inovasi dalam bentuk pengembangan pariwisata dan budi daya kepiting bakau. Menurut Gubernur Erzaldi ada baiknya memberikan inovasi lain. Karena nantinya akan timbul persaingan antar saudara sesama pengurus hutan mangrove.

“Bagaimana kalau inovasi lainnya? Misalnya budi daya madu lebah kelulut dihasilkan dari hutan mangrove, kalau ada inovasi begini, persaingannya tidak akan berat. Sesama saudara bisa saling mendukung,” ungkapnya Gubernur Erzaldi.

Gubernur juga berharap agar para ketua kelompok mampu membimbing anggotanya, dengan terlebih dahulu menciptakan rencana dan strategi, agar mendapatkan hasil yang maksimal dan terukur serta membawa manfaat dalam jangka panjang.

“Dulu ketika jaga hutan, kita tidak mendapatkan hasil. Sekarang, tidak ada tawaran, kita harus menjaga hutan sekaligus mendapat hasil dari hutan yang kita kelola. Program ini jangan berhenti satu tahun saja. Tapi harus terus ditindaklanjuti, sehingga memberikan manfaat bagi alam dan ekonomi masyarakat dalam jangka panjang,” pungkasnya.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm