Mesin Motor. (Shutterstock)
Mesin Motor. (Shutterstock) ( kompas.com)

Sering Dengar Kata Cc pada Mesin Motor, Sudah Paham Belum Artinya

29 Juni 2021 18:19 WIB

SONORABANGKA.ID - Ketika hendak membeli sepeda motor, tentunya calon konsumen akan memilih sesuai dengan kebutuhan.

Bila ingin menghemat, biasanya akan memilih sepeda motor dengan cc kecil seperti 110 cc atau 125 cc. Tapi, bila ingin perfoma yang lebih mantap dan berkendara dengan cepat tentunya akan memilih cc yang besar seperti 150 cc, 250 cc, 500 cc hingga 1.000 cc.

Walau demikian, nyatanya tidak sedikit pemilik kendaraan yang masih belum paham arti dari cc dan kaitannya dengan kinerja mesin kendaraan.

“Cc adalah singkatan dari cubical centimeter (centimeter kubik). Itu merupakan volume ruang silinder pada suatu mesin,” ujar Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno, saat dihubungi Kompas.com, Senin (28/6/2021).

Endro melanjutkan, isi atau volume silinder ini menentukan jumlah gas yang masuk ke silinder saat kendaraan melakukan langkah isap.

Semakin besar ukuran volume mesin alias Cc, maka semakin besar kapasitas udara yang masuk ke dalam mesin. Dengan konfigurasi ini, silinder akan mampu bergerak lebih jauh untuk membakar lebih banyak bahan bakar. Proses ini kemudian secara alami memproduksi tenaga dan torsi yang lebih bertenaga.

Tapi, menurut Endro, ada beberapa hal yang bisa menghambat proses tersebut sehingga gas yang masuk dalam silinder tidak bisa 100 persen.

“Bisa karena panas mesin, buka tutup klep yang cepat, jarak semprotan injektor yang jauh, atau udara yang masuk sedikit terhambat,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sering Dengar Kata Cc pada Mesin Motor, Sudah Paham Artinya", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/29/092200115/sering-dengar-kata-cc-pada-mesin-motor-sudah-paham-artinya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm