Ilustrasi indikator bensin (youtube.com)
Ilustrasi indikator bensin (youtube.com) ( kompas.com)

Apa yang Dimaksud Dengan Bensin Basi pada Mobil

1 Juli 2021 21:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Ketika mobil diparkir dalam jangka waktu yang lama, sering kali kita dengar istilah "bensin basi". Namun tak banyak yang benar-benar paham akan artinya.

Banyak yang mengira bahwa bensin memang ada masa kedaluwarsanya. Padahal, yang dimaksud dengan bensin basi tidak ada hubungannya dengan masa kedaluwarsa.

Ahli Konversi Energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung Tri Yuswidjajanto Zaenuri mengatakan, yang dimaksud bensin basi terjadi karena ada ubahan unsur kimia dalam kandungan bahan bakar.

Penyebab ubahan tersebut adalah karena bahan bakar yang mengendap terlalu lama di dalam tangki. Sehingga, kandungan bensin tercampur zat kimia lain.

“Unsur kimia dalam bahan bakar bisa terkontaminasi dengan zat logam atau zat lainnya yang ada di tangki atau saluran bahan bakar,” ujar Yus, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Yus menambahkan, kondisi tersebut akan semakin parah bila tangki tidak terisi penuh, saat malam hari atau pengaruh cuaca bisa berembun. Tangki akan tercampur kandungan air dan bisa mempercepat korosi.

"Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bensin tidak basi atau tidak terkontaminasi zat lainnya. Makanya, tangki bahan bakar usahakan harus penuh saat kendaraan ditinggal lama, atau sebaliknya dikosongkan,” kata Yus.

Menurut Yus, penting juga memanaskan mesin kendaraan secara berkala misal dua atau tiga hari sekali, agar bahan bakar bersirkulasi.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa yang Dimaksud Bensin Basi pada Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/01/094200015/apa-yang-dimaksud-bensin-basi-pada-mobil.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm