Standar samping sepeda motor lebih sering digunakan dibandingkan dengan standar tengah. Salah satunya karena lebih mudah dalam pengoperasiannya. (Ari Purnomo)
Standar samping sepeda motor lebih sering digunakan dibandingkan dengan standar tengah. Salah satunya karena lebih mudah dalam pengoperasiannya. (Ari Purnomo) ( kompas.com)

Mematikan Mesin Motor Matik Pakai Standar Membuat Aki Boros

1 Juli 2021 22:47 WIB

SONORABANGKA.ID - Kendaraan Sepeda motor matik merupakan salah satu jenis motor yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti dengan populasinya di jalan raya.

Kebanyakan motor matik untuk saat ini sudah dibekali sistem keamanan berupa fitur side stand switch. Dengan teknologi ini, bila standar samping motor matik diturunkan, maka otomatis mesin motor juga akan mati. Bahkan, tidak bisa dinyalakan bila standar masih dalam posisi diturunkan.

Sistem ini dapat bekerja karena pada bagian pangkal standar terhubung dengan ECU (Electronic Control Unit). Apabila posisi standar samping tegak, maka ECU akan mendeteksinya dan segera memutus sistem pengapian, makanya mesin langsung mati.

Beberapa orang sering mematikan mesin motor matiknya dengan memanfaatkan sistem ini. Hal ini sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang karena lebih mudah dan simpel. Lalu apakah dengan mematikan mesin menggunakan standar samping akan membuat aki boros?

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno, mengatakan, mematikan mesin motor matik menggunakan standar samping sebenarnya tidak berpengaruh pada aki motor. Tapi ada catatan untuk hal ini.

"Pada saat standar samping diturunkan maka otomatis mesin motor akan langsung mati, hanya mesin saja bukan sistem kelistrikannya. Jika pengguna motor tidak segera atau bahkan lupa mematikan kontak ke posisi off, maka itu yang membuat aki boros," kata Endro kepada Kompas.com, Rabu (30/6/2021).

Tapi bila setelah menurunkan standar samping kemudian pengendara langsung mematikan kunci motor, maka kondisi aki tidak akan boros dan akan dapat bertahan lama. Dengan adanya sistem ini banyak pengguna kendaraan yang lupa mematikan sepeda motornya melalui kunci kontak.

“Sama halnya kalau kita matikan mesin menggunakan switch cut off yang ada di setang motor sport. Kalau kunci kontaknya enggak di off, pasti baterai soak,” kata Endro.

Fitur side stand switch hanya akan mematikan mesin kendaraan, tapi tidak untuk mematikan sistem kelistrikan pada sepeda motor yang melibatkan kerja aki. Maka dari itu bila lupa mematikannya, bukan tidak mungkin aki motor akan cepat rusak atau soak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mematikan Mesin Motor Matik Pakai Standar Bikin Aki Boros", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/01/104200615/mematikan-mesin-motor-matik-pakai-standar-bikin-aki-boros.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm